PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior) DALAM RANSUM TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAGING BROILER

Vera, Yuniar Sitorus and Yosi, Fenita and Tatik, Suteky (2021) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior) DALAM RANSUM TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAGING BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Vera Yuniar Sitorus (E1C017060) OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Ayam pedaging merupakan salah satu produk peternakan yang banyak dikonsumsi masyarakat karena merupakan jenis makanan yang berprotein tinggi, harganya murah mudah dijangkau oleh masyarakat dan lebih praktis dalam pengolahannya. Kendala yang dihadapi sampai saat ini konsumen lebih menginginkan daging broiler yang memiliki rasa yang enak, bau daging yang kurang amis, dan warna daging yang lebih cerah akan lebih menarik minat konsumen. Komponen rasa yang terbentuk tergantung pada senyawa penyusunnya. Untuk memperbaiki sifat organoleptik pada daging ayam broiler dapat disuplementasikan dengan pemberian tepung bunga kecombrang (Etlingera elatior). Bunga kecombrang merupakan tanaman rempah – rempah yang mengandung alkaloid, flavonoid, polifenol, steroid, saponin, dan minyak atsiri. Kandungan bunga kecombrang tersebut berpotensi sebagai feed additive pada ayam broiler. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian tepung bunga kecombrang (Etlingera elatior) terhadap karakterisitik organoleptik daging broiler. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2020 di Commercial Zone Animal Laboratory (CZAL) dan laboratorium Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), 5 perlakuan dan 4 ulangan. Masing-masing ulangan terdapat 8 ekor ayam. Adapun 5 perlakuan sebagai berikut : P0 : tidak mengandung bunga kecombrang, P1 : mengandung 0,75% tepung bunga kecombrang, P2 : mengandung 1,5% tepung bunga kecombrang P3 : mengandung 2,25% tepung bunga kecombrang P4 : mengandung 3% tepung bunga kecombrang. Variabel yang diamati adalah warna daging, bau daging, rasa daging dan tekstur daging. Berdasarkan hasil penelitian pemberian tepung bunga kecombrang (Etlingera elatior) dalam ransum terhadap karakteristik warna diperoleh peningkatan P0, P1, P2, P3, dan P4 secara berturut – turut adalah 0%, 5,68%, 6,05%, 9,99% dan 11,26%. Rata – rata hasil uji bau, rasa dan tekstur panelis memilih skor 3 yaitu: bau agak amis (43,75%), rasa cukup enak (53,13%) dan tekstur cukup empuk (43,13%). Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung bunga kecombrang (Etlingera elatior) dalam ransum dapat meningkatkan warna hingga 11,26%, akan tetapi pemberian tepung bunga kecombrang tidak berpengaruh terhadap bau, rasa dan tekstur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:42
Last Modified: 28 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item View Item