TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA PENYEDIA PLATFORM TERHADAP PELANGGARAN MEREK DALAM PERDAGANGAN E-COMMERCE BERDASARKAN HUKUM POSITIF DI INDONESIA

Jhon, David Sihaloho and Widiya, N Rosari and Edi, Hermansyah (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA PENYEDIA PLATFORM TERHADAP PELANGGARAN MEREK DALAM PERDAGANGAN E-COMMERCE BERDASARKAN HUKUM POSITIF DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Jhon David Sihaloho.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Merek merupakan suatu identitas bagi suatu produk yang membedakannya dengan produk lain. Merek tidak boleh digunakan pihak lain tanpa izin pemilik merek. Kemajuan teknologi informasi ini perlindungan merek juga mencakup pada dunia digital, merek juga mengalami perkembangan dan dipublikasi melalui teknologi digital. Tujuan: pertama, untuk menjelaskan dan menggambarkan tanggung jawab pelaku usaha penyedia platform terhadap pelanggaran merek dalam perdagangan e-commerce berdasarkan hukum positif di Indonesia. Kedua, Untuk menjelaskan dan menggambarkan upaya yang dapat dilakukan pemilik merek terhadap pelanggaran merek di platform-commerce berdasarkan hukum positif di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian normatif, dengan menggunakan metode pengumpulan bahan hukum studi kepustakaan serta peraturan perundang-undangan yang relevan. Bahan hukum yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan mengelola bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penyedia platform dapat digugat ganti kerugian akibat dari pelanggaran merek pada platform e-commerce. Kedua, upaya yang dapat dilakukan pemilik merek terhadap pelanggaran merek pada platform e-commerce dapat dilakukan dengan tiga cara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu, melalui mediasi, arbitrase dan peradilan oleh Pengadilan Niaga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:55
Last Modified: 28 Aug 2023 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14858

Actions (login required)

View Item View Item