ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SIRUP KALAMANSI MENGGUNAKAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS)

Atika, Wulandari and Damres, Uker and Wuri, Marsigit (2021) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SIRUP KALAMANSI MENGGUNAKAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ATIKA WULANDARI (E1G016030).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Bengkulu merupakan kota agraris yang memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah, salah satunya adalah tanaman jeruk kalamansi. Keunggulan yang ada pada jeruk kalamansi, salah satu produk olahan yang bisa dihasilkan yaitu sirup. Sirup kalamansi merupakan salah satu produk minuman khas Bengkulu yang terbuat dari jeruk kalamansi. Pada umumnya, sirup kalamansi dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu. Sirup kalamansi dijual dengan berbagai variasi dari segi merk produk, ukuran, kemasan, dan harga, sehingga konsumen sangat bervariasi dalam menentukan pilihan sirup kalamansi. Usaha mempertahankan kenyamanan konsumen terhadap kesukaan sirup kalamansi belum banyak diinformasikan, khususnya dalam kajian atribut sirup kalamansi yang dibeli dan dikonsumsi oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan atribut yang disukai oleh konsumen sirup kalamansi, dan mendapatkan peta atribut sirup kalamansi berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja konsumen. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah untuk kuesioner awal yaitu sebanyak 20 responden, sedangkan jumlah untuk pengisian kuesioner utama sebanyak 100 responden. Pada kuesioner awal, data diuji dengan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan atribut yang valid dan reliabel yang digunakan sebagai kuesioner utama. Selanjutnya, data dianalisa dengan metode IPA (Importance Performance Analysis) menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut merk produk, warna produk, kekentalan, desain kemasan, kepraktisan kemasan, variasi bentuk dan ukuran kemasan, kejelasan label informasi produk, dan promosi yang dapat dipertimbangkan oleh konsumen berdasarkan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan diagram cartesius, perbaikan untuk atribut sirup kalamansi yaitu desain kemasan, serta atribut yang harus dipertahankan yaitu kepraktisan kemasan, variasi bentuk dan ukuran kemasan yang mana ukuran 500 ml dan 1.000 ml lebih banyak diminati konsumen, dan kejelasan label informasi produk.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:21
Last Modified: 28 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14864

Actions (login required)

View Item View Item