KAJIAN ASPEK SDM PERUSAHAAN, DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR LOKASI DALAM MENUNJANG KEBERLANJUTAN PABRIK KELAPA SAWIT (STUDI KASUS PT. DDP LUBUK BENTO MUKOMUKO)

Auliya, Rahma Dhita and Damres, Uker and Wuri, Marsigit (2021) KAJIAN ASPEK SDM PERUSAHAAN, DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR LOKASI DALAM MENUNJANG KEBERLANJUTAN PABRIK KELAPA SAWIT (STUDI KASUS PT. DDP LUBUK BENTO MUKOMUKO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI AULIYA RAHMA DHITA E1G017016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Keberlanjutan mencerminkan satu target akhir dari gerakan perusahaan dalam kesatuan tanggung jawab perusahaan. Indikator keberlanjutan memiliki peran dalam membantu perusahaan dan stakeholdernya, untuk menilai bagaimana aktivitas produksi mereka berkontribusi dengan mengganggu tujuan pembangunan keberlanjutan Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji aspek SDM perusahaan, dampak sosial dan ekonomi masyarakat sekitar lokasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember di PT. Darian Dharma Pratama Lubuk Bento Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan sampel 28 responden pada karyawan dan 25 responden pada masyarakat. Analisa data yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek SDM perusahaan kualitas SDM yang sudah maksimal sebanyak 92,85 %, Gaji pokok karyawan dan tidak untuk memilih pindah tempat kerja ke perusahaan lain sebanyak 89,29% dan Penyelesaian tugas dengan waktu dan target yang sesuai diinginkan perusahaan dengan jumlah sebanyak 85,71%. Dampak sosial masyarakat adalah kegiatan sosial dari perusahaan sudah berjalan dengan baik sebanyak 92%, keberlanjutan PMKS dengan di dukungan masyarakat yang berada sekitarnya dengan jumlah sebanyak 88% dan tidak terganggu adanya pabrik dengan jumlah sebanyak 84%. Dampak ekonomi masyarakat sekitar adalah pabrik dapat berkelanjutan sebanyak 92%, Membuka lapangan pekerjaan dengan jumlah sebnayak 88% dan tingkat pendapatan masyarakat dengan jumlah sebanyak 84%. Sedangkan keberlanjutan pabrik kelapa sawit dari aspek SDM perusahaan mengambil arah strategi dengan menekankan SOP (Standar Operasional Prosedur) serta perusahaan memberikan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan, dampak sosial masyarakat perusahaan memberikan CSR untuk keberlanjutan pabrik serta mensejahterakan masyarakat sekitar lokasi dan dampak ekonomi masyarakat perusahaan memberikan peluang pekerjaan serta terjadinya perubahan terhadap masyarakat dengan hadirnya PT. Darian Dharma Pratama Lubuk Bento Mukomuko.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:25
Last Modified: 28 Aug 2023 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item