KAJIAN PENGGUNAAN ARANG AKTIF DAN KMnO4 SEBAGAI ADSORBEN PADA KEMASAN MODIFIED ATMOSPHERE PACKAGING (MAP) AKTIF BUAH PISANG AMBON CURUP (MUSA PARADISIACA Sp)

Nurahmad, Nurahmad and Hidayat, Koto and Laili, Susanti (2021) KAJIAN PENGGUNAAN ARANG AKTIF DAN KMnO4 SEBAGAI ADSORBEN PADA KEMASAN MODIFIED ATMOSPHERE PACKAGING (MAP) AKTIF BUAH PISANG AMBON CURUP (MUSA PARADISIACA Sp). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI NURAHMAD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Pisang ambon curup merupakan jenis pisang yang hanya dijumpai di Kabupaten Rejang Lebong. Pisang ambon curup lebih disukai oleh konsumen untuk dikonsumsi segar. Namun, pemasaran buah pisang dalam bentuk segar terkendala beberapa hal antara lain distribusi pisang, jauhnya jarak tujuan pasar, teknologi pasca panen yang rendah pada tingkat petani dan pemasok buah. Buah pisang termasuk golongan buah klimaterik yang cepat mengalami kemunduran mutu. Kecepatan respirasi produk tergantung pada suhu penyimpanan dan ketersediaan oksigen yang dibutuhkan untuk respirasi. Cara untuk menekan laju respirasi salah satunya dengan menggunakan pengemasan yang sesuai. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 2 Faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi KMnO4 1% (K1), 2% (K2), 3% (K3), dan faktor kedua adalah konsentrasi arang aktif 1% (A1), 2% (A2), 3% (A3). Kemasan yang digunakan adalah plastik LDPE dengan ketebalan 0,04 mm. Pisang ambon curup yang digunakan adalah pisang yang diambil di pengepul pisang, kemudian dibersihkan dan dipisah menjadi 1 buah pisang. Semua perlakuan diulang sebanyak 3 kali ulangan dan disimpan dalam suhu ruang kamar selama 9 hari penyimpanan. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan akan dianalisa menggunakan uji ANOVA. Jika data terdapat pengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian sifat fisik dan kimia pisang ambon curup yang dikemas dalam active packaging menggunakan plastik LDPE (Low Density Polyethelene) dengan perlakuan arang aktif dan KMnO4 dapat menunda kematangan sampai hari ke-9. Presentase susut bobot pisang mengalami peningkatan selama penyimpanan. Susut bobot tertinggi pada pisang yang dikemas tanpa penambahan adsorben yaitu 3,95% - 4,45%. Sedangkan presentase susut bobot terendah dengan perlakuan arang aktif 3% dan KMnO4 3% yaitu 0,83% - 2, 27%. Kemudian untuk presentase tekstur dengan perlakuan pengemasan tanpa penambahan adsorben mengalami peningkatan dari 0,002233 - 0,003933 mm/gr/dtk. Sedangkan perlakuan arang aktif 3% dan KMnO4 3% dengan nilai tekstur terendah yaitu 0,002033 – 0,003533 mm/gr/dtk. Perlakuan arang aktif 3% dan KMnO4 3% dapat menghambat proses perubahan warna pada buah pisang sehingga warna buah pisang masih tampak lebih terang di bandingkan perlakuan lainnya. Selanjutnya secara kimia perlakuan arang aktif dan KMnO4 pada vitamin c mengalami penurunan pada hari ke-0 berkisar antara 4,826 mg – 4,565 mg dan pada hari ke-9 berkisar antara 2,384 mg – 2,885 mg. Sedangakan presentase total gula mengalami peningkatan untuk pengemasan tanpa adsorben yaitu 5,259 – 8,692 0 brix, perlakuan Arang Aktif 3% dan KMnO4 3% dengan nilai total gula terendah yaitu 5,331 – 10,076 0 brix.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:53
Last Modified: 28 Aug 2023 04:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14873

Actions (login required)

View Item View Item