ANALISIS SALURAN PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI DESA SARI BULAN KECAMATAN AIR DIKIT KABUPATEN MUKOMUKO

Adek, Apra Wijaya and Putri, Suci Asriani and Melli, Suryanty (2021) ANALISIS SALURAN PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI DESA SARI BULAN KECAMATAN AIR DIKIT KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ADEK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan Di Desa Sari Bulan Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dimulai pada 25 Februari 2021 dan selesai pada 31 Maret 2021. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive (sengaja), dengan pertimbangan bahwa Desa Sari Bulan merupakan desa yang masyarakatnya mayoritas berprofesi sebebagai petani kelapa sawit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran kelapa sawit yang dilakukan oleh petani kelapa sawit masyarakat, untuk menganalisis margin dan keuntunmgan pemasaran tandan buah segar kelapa sawit dan mengalisis tingkat efisiensi pemasaran di tiap-tiap saluran kelapa sawit di Desa Sari Bulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Dimana data primer merupakan data yang diperoleh di lapangan, hasil wawancara, serta pengisian kuisioner yang dilakukan oleh peneliti yang dijawab langsung oleh masyarakat Desa Sari Bulan. Penentuan responden dialkukan secara Stratified Random Sampling terhadap petani kelapa sawit. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sebanyak 45 orang petani kelapa sawit diantaranya yaitu: dikelompokkan kedalam 3 strata 1. Dekat (10 – 15 Km) berjumlah 40 petani 2. Sedang (25 Km) berjumlah 80 petani 3. Jauh (50 Km) berjumlah 30 petani. Dan 5 orang pedagang pengumpul (toke) dengan metode Sensus penentuan sampel semua populasi diambil sebagai responden. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa petani kelapa sawit Di Desa Sari Bulan Sistem saluran pemasaran kelapa sawit di desa Sari Bulan Kec. Air Dikit Kab. Mukomuko memiliki dua saluran distribusi: Saluran Pemasaran I terdiri dari petani-pedagang pengumpul-pabrik. Sistem saluran pemasaran tingkat II hanya melibatkan petani-pabrik. Dari hasil yang didapat bahwa di saluran pemasaran I didapat margin sebesar 198/Kg. Dan saluran pemasaran II tidak memiliki margin pemasaran dikarenakan saluran II para petani yang bereda di desa Sari Bulan langsung menjual hasil produksi kebunnya ke pabrik. Efisiensi pemasaran kelapa sawit pada setiap saluran pemasaran yang ada di Desa Sari Bulan tergolong efisien, hal ini karena nilai EP ≤ 50%. Pada saluran pemasaran yang pertama, jumlah nilai EP yang di dapat ialah sebesar 6,25%, sedangkan pada saluran pemasaran yang kedua nilai EP yang di dapat sebesar 13,25 persen. Namun dari hasil penelitian yang dilakukan di Desa Sari Bulan ini pada saluran pemasaran tingkat I dianggap lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran tingkat II, hal ini disebabkan jumlah nilai EP saluran pemasaran yang tingkat I yang lebih kecil dari saluran pemasaran tingkat II. Kata kunci : Kelapa Sawit, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Keuntungan Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:22
Last Modified: 28 Aug 2023 06:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item