RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L.) DENGAN PEMBERIAN DOSIS PUPUK KANDANG KAMBING DAN DOLOMIT YANG BERBEDA

Yuningtias, Ayu Puspita and Handajaningsih, Merakati and Hasanuddin, Hasanuddin (2017) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L.) DENGAN PEMBERIAN DOSIS PUPUK KANDANG KAMBING DAN DOLOMIT YANG BERBEDA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Ayu Puspita Yt. E1J011079.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tanaman melon adalah tanaman yang menghendaki tanah yang kaya bahan organik, gembur, berdrainase baik, pH tanah yang hampir mendekati netral 6,0–7,0 dan membutuhkan sinar matahari penuh sekitar 10-12 jam/hari, suhu udaranya hangat sertakelembaban udaranya relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah menentukan kombinasi dosis pupuk kandang kambing dan dosis dolomit yang paling optimal untuk pertumbuhandan hasil tanaman melon. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai September 2015 di Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu dengan ketinggian 15 m dpl. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor yaitu: Faktor pertama dosispupuk kandang kambing terdiri atas 0 kg/polibag (0 ton/ha), 3 kg/polibag (60 ton/ha) dan 6kg/polibag (120 ton/ha). Faktor kedua dosis dolomit terdiri atas 0 g/polibag (0 ton/ha), 100 g/polibag (2 ton/ha) dan 200 g/polibag (4 ton/ha). Perlakuan diulang sebanyak tiga kalisehingga di peroleh 27 satuan percobaan. Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman,jumlah daun, luas daun, diameter batang, bobot buah, diameter buah, tebal daging buah,dan tingkat kemanisan buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara pupuk kandang kambing dengan dolomit terhadap pertumbuhan tanaman melon, tetapi terjadiinteraksi antara pupuk kandang kambing dengan dolomit pada bobot buah, diameter buahdan tebal daging buah. Dosis pupuk kandang kambing dan dolomit yang meningkatkanberat buah, diameter buah dan tebal daging buah tertinggi yaitu pada pemberian 6 kg/polibag dan dolomit 200 g/polibag dimana untuk bobot buah menghasilkan 742,09 g, diameter buah yaitu 17,55 cm, dan tebal daging buah yaitu 2,95 cm. Pemberian pupukkandang kambing berpengaruh terhadap diameter batang dan tingkat kemanisan buah.Dosis perlakuan pupuk kandang kambing yang meningkatkan diameter batang dan tingkatkemanisan tertinggi yaitu pada dosis 6 kg/polibag dimana untuk diameter batangmenghasilkan 5,50 mm dan tingkat kemanisan sebesar 8,0 0 brix.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:51
Last Modified: 22 Nov 2017 03:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14892

Actions (login required)

View Item View Item