ANALISIS PEMASARAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris) DI KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG

Enni, Asista and Gita, Mulyasari and Bambang, Sumantri (2021) ANALISIS PEMASARAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris) DI KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ENNI ASISTA_E1D017031.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Semangka (Citrulullu Vulgaris) merupakan tanaman buah berupa tanaman herba yang tumbuh merambat. Budidaya semangka di tanah air, masih terbatas untuk dapat memenuhi pasaran dalam negeri. Pemasaran merupakan suatu proses sosial manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Produksi semangka di Kabupaten Pesisir Barat mengalami penurunan pada tahun 2019. Tujuan.dari penelitian ini untuk menganalisis saluran, distribusi, margin.pemasaran semangka di Kabupaten Pesisir Barat serta menganalisis faktor-faktor apa yang mempengaruhi margin pemasaran semangka di Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2021 lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan metode sensus kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif terhadap saluran, distribusi dan margin pemasaran selanjutnya pengujian dilakukan regresi linier berganda mengenai faktor yang mempengaruhi margin pemasaran dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian menujukkan, Terdapat 3 saluran pemasaran semangka di Kabupaten Pesisir Barat diantaranya. Saluran I, Petani – Pengepul – pedagang besar – pedagang pengecer konsumen. Saluran II, Petani – Pedagang besar - Pedagang pengecer – Konsumen. Saluran III, Petani – Pengepul - Pedagang pengecer – Konsumen. Berdasarkan jejak saluran pemasaran maka di dapat distribusi pemasaran yaitu, pada suluran I, Petani – pengepul mempunyai distribusi sebesar 15.000 kg, Pengepul – pedagang besar mempunyai distribusi sebesar 10.750 kg, Pedagang besar – pedagang pengecer mempunyai distribusi sebesar 4,429 kg. Saluran II Petani – Pedagang besar mempunyai distribusi sebesar 10.000 kg, Pedagang besar - Pedagang pengecer mempunyai distribusi sebesar 7,429 kg dan saluran III Petani – Pengepul mempunyai distribusi sebesar 12.000 kg, Pengepul - Pedagang pengecer mempunyai distribusi sebesar 9.333 kg. Dari 3 saluran pemasaran diperoleh bahwa margin pemasaran untuk saluran pertama sebesar Rp 4.679, kemudian saluran pemasaran kedua diperoleh margin pemasaran sebesar Rp 3.656 dan pada saluran pemasaran ketiga diperoleh margin pemasaran sebesar Rp 3.292. Faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran buah semangka (Citrullus Vulgaris) di Kabupaten Pesisir Barat adalah harga di tingkat produsen sedangkan volume penjualan, dan biaya pemasaran tidak berpengaruh terhadap margin pemasaran semangka. Kata Kunci: Saluran, Distribusi, Margin Pemasaran Semangka.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:33
Last Modified: 28 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item