ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN USAHA PADA UD. LM. SEBAYANG DESA TIGA BINANGA KECAMATAN TIGA BINANGA KABUPATEN KARO

Evi, Christy Br Ginting and Mustopa, Romdhon and Melli, Suryanty (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN USAHA PADA UD. LM. SEBAYANG DESA TIGA BINANGA KECAMATAN TIGA BINANGA KABUPATEN KARO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Evi Christy Br Ginting_E1D017085.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

UD. LM. Sebayang merupakan toko tani yang menyediakan berbagai jenis sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk, dan pestisida. Banyaknya toko tani yang telah berdiri dan persaingan antar pelaku usaha yang semakin ketat sehingga UD. LM. Sebayang perlu memperhatikan kepuasan konsumennya agar dapat mempertahankan usaha dan bersaing dengan kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut�atribut yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan untuk memenuhi kepuasan konsumen terhadap layanan usaha pada UD. LM. Sebayang dan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan usaha pada UD. LM. Sebayang. Atribut-atribut yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan untuk memenuhi kepuasan konsumen dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut pelayanan dianalisis menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut kecepatan dalam pengantaran barang perlu ditingkatkan dan atribut kelengkapan dan kualitas produk yang ditawarkan, keakuratan pembayaran pada kasir, pemberian layanan yang dapat diandalkan dan akurat, kesigapan melayani konsumen dalam berbelanja, kecepatan melayani transaksi, perhatian dan sikap kepada konsumen, penguasaan dalam menjelaskan informasi mengenai produk, kemampuan berkomunikasi dengan konsumen, serta kemudahan menghubungi toko perlu dipertahankan. Secara keseluruhan konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh UD. LM. Sebayang. Kata Kunci : UD. LM. Sebayang, Kepuasan Konsumen, Pelayanan Suatu Usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:49
Last Modified: 28 Aug 2023 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14907

Actions (login required)

View Item View Item