ANALISIS EFESIENSI USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUPUK UBI DI DESA NANGAI AMEN KECAMATAN LEBONG UTARA

Hidayahtul, Fitriah and Irnad, Irnad and Reswita, Reswita (2021) ANALISIS EFESIENSI USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY KERUPUK UBI DI DESA NANGAI AMEN KECAMATAN LEBONG UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Hidayahtul Fitriah_E1D017066.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Home industry adalah salah satu tempat masyarakat yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan peningkatan yang besar dan peranan untuk strategis dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Di samping itu home industri juga merupakan kegiatan usaha yang mampu memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah home industri kerupuk ubi di Desa Nangai Amen Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong. Gambaran home industry kerupuk ubi berada di Desa Nangai Amen kecamatan Lebong Utara. Home industry kerupuk ubi pertama kali berproduksi kerupuk setengah jadi dari bahan baku ubi kayu (Manihot esculenta) pada tahun 2008 yang diketuai oleh Almarhumah ibu. Home industry kerupuk ubi merupakan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Desa Nangai Amen. Saat ini kelompok usaha bersama memiliki 14 home industry dan 2 orang pemasaran (pengepul) kerupuk ubi. Home industry ini memproduksi olahan makanan setengah jadi (kerupuk ubi mentah) yang terbuat dari ubi kayu. Dalam memproduksi kerupuk ubi home industry mempunyai lima macam jenis kerupuk ubi yaitu kerupuk opak, kerupuk garpu, kerupuk stik/gunting, kerupuk manggleng dan kerupuk kecil-kecil. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara yaitu wawancara berupa kuisioner sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa literature atau jurnal, buku-buku, dan data-data yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), serta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lebong .Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian analisis efesiensi usaha menggunakan analisis Revenue Cost Ratio (R/C) dan Break Even Point (BEP). Sedangkan untuk mengetahui prioritas strategi penggembangan usaha menggunakan metode Identifikasi faktor internal dan eksternal dan metode Analitical Hierarchy Process (AHP). Analisis AHP digunakan untuk menganalisis prioritas strategi pengembangan usaha pada 4P yaitu product, promotion, price dan place. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pendapatan yang diterima oleh home industry sebesar Rp. 1.202.688/bulan. Berdasarkan analisis R/C diperoleh nilai sebesar 1,8. Hal ini dapat disimpulkan bahwa home industry kerupuk ubi di Desa Nangai Amen layak untuk dilanjutkan. Prioritas pengembangan home industry kerupuk ubi dari hasil penelitian ini adalah subsistem product yaitu meningkatkan kualitas produk, subsistem promotion yaitu memperluas cakupan pemasaran, subsistem price yaitu memanfaatkan pengembangan BUMDES dan subsistem place yaitu memanfaatkan desa untuk meningktakan sarana dan prasarana. Kata kunci: Efisiensi, R/C, BEP, IFE dan EFE, Analytical Hierarchy Process (AHP) dan 4P.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:15
Last Modified: 28 Aug 2023 08:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item View Item