STRUKTUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA PETANI KARET DI DESA SIDODADI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Martha, Meliana Br Simbolon and Nyayu, Neti Arianti and Ketut, Sukiyono (2021) STRUKTUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA PETANI KARET DI DESA SIDODADI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Full Martha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan salah satu daerah yang memiliki produksi perkebunan karet yang cukup besar. Sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani karet. Salah satu daerah yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah yang diperhitungkan dalam sektor perkebunan karet adalah Desa Sidodadi. Desa Sidodadi merupakan salah satu tempat yang menjadikan usahatani karet sebagai mata pencaharian pokok. Sub sektor perkebunan karet menjadi sektor andalan mata pencaharian bagi masyarakat di Desa Sidodadi. Apabila produksi karet yang sedikit atau menurun dan harga produk lada hitam yang rendah akan menyebabkan penerimaan rumah tangga menjadi rendah juga. Akibatnya rumah tangga petani karet akan mencari sumber penerimaan lain untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tangganya. Perbedaan tingkat penerimaan rumah tangga di desa ini disebabkan karena beranekaragamnya sumber penerimaan rumah tangga petani yang bersumber dari penerimaan pertanian dan penerimaan non pertanian. Penerimaan pertanian terdiri dari penerimaan usahatani karet, penerimaan non usahatani karet, dan penerimaan non pertanian. Penerimaan usahatani karet terdiri dari produksi usahatani karet itu sendiri, penerimaan dari non usahatani karet terdiri dari sawit, kelapa, ternak sapi, kambing, dan ayam. Penerimaan non pertanian terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, honorer, bengkel dan meuble, berdagang, usaha pangkalan gas, online shop,dan lainnya. Beragai sumber penerimaan ini merupakan total penerimaan rumah tangga petani karet. Seluruh penerimaan yang diperoleh pada akhirnya digunakan untuk membiayai seluruh pengeluaran konsumsi keluarga petani karet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur penerimaan rumah tangga petani karet di Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dan menganalisis struktur pengeluaran rumah tangga petani karet di Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja yaitu di Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode pengambilan responden dengan menggunakan slovin. Jumlah responden yang ada dalam penelitian adalah ssebanyak 75 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 Desember 2019 sampai 12 Januari 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primeri dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber penerimaan rumah tangga dari perkebunan karet lebih besar dari sumber penerimaan yang lain sebesar Rp 2.260.533,- /bulan Desember 2019-Januari 2020 (40,34%), sedangkan penerimaan non usahatani karet sebesar Rp 1.578.806,-/bulan denga persentase (28,16%) dan penerimaan dari non pertania sebesar Rp 1.765.734,-/bulan dengan persentase (31,50%). Sedangkan pengeluaran konsumsi rumah tangga petani karet di Desa Sidodadi rata-rata Rp 2.044.058,-/bulan. Kata Kunci : Penerimaan Dan Pengeluaran Konsumssi Rumah Tangga Petani Karet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:06
Last Modified: 29 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item View Item