ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR�FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AYAM GORENG D’ BESTO DI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Mutiara, Muthmainnah Firdausa and Musriyadi, Nabiu and Melli, Suryanty (2021) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR�FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AYAM GORENG D’ BESTO DI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AYAM GOREN D'BESTO DI KE~1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Permintaan terhadap makanan cepat saji saat ini sangat besar, hal tersebut memberikan peluang yang besar terhadap kalangan masyarakat untuk membuka bisnis restoran. Situasi seperti ini menimbulkan persaingan yang besar untuk menarik konsumen dalam pembelian produk hingga adanya loyalitas terhadap suatu produk, oleh karena itu agar persaingan dapat dimenangkan perlu adanya indikator pada restoran. Indikator tersebut ialah pilihan menu pada makanan, rasa bahkan kelezatan makanan, kecepatan penyajian, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, harga yang bersaing dan melakukan promosi. Restoran Ayam Goreng D’ Besto berada di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang menggunakan sistem waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi konsep bauran pemasaran dan menganalisis signifikansi faktor-faktor loyalitas konsumen dalam mengkonsumsi Ayam Goreng D’ Besto di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Loyalitas konsumen ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor dari bauran pemasaran seperti produk, harga, lokasi dan promosi. Metode penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Virtucio sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling di lokasi penjualan Ayam Goreng D’ Besto. Wawancara dilakukan dengan cara bertemu langsung dengan konsumen, namun karena di masa pandemi ini, maka untuk melakukan wawancara responden dengan menggunakan google form untuk efisiensi waktu dan mengurangi kerumunan. Kriteria responden tersebut adalah perempuan atau laki-laki yang memiliki umur produktif antara 15-64 tahun dan pernah membeli dan mengkonsumsi Ayam Goreng D’ Besto minimal 2 kali. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen terhadap produk yang berada di D’Besto cabang Cibinong, sedangkan variabel promosi (X4) tidak berpengaruh dan negatif terhadap loyalitas konsumen terhadap produk yang berada di D’Besto cabang Cibinong. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas pembelian konsumen yang berada di D'Besto cabang Cibinong dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pembelian konsumen, artinya semakin rendah nilai persepsi konsumen terhadap promosi, maka akan semakin lemah dorongan konsumen untuk melakukan pembelian. Hal ini disebabkan karena konsumen mengetahui restoran tersebut dari keluarga dan teman, yang membuktikan bahwa kurangnya promosi di media sosial. Padahal saat ini media sosial mempunyai peran penting terhadap pembelian. Karena hal tersebut maka pihak D’Besto harus lebih aktif dalam melakukan promosi di media sosial agar konsumen lebih mengetahui brand tersebut. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pembelian Konsumen, SEM-PLS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:16
Last Modified: 29 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item