HUBUNGAN PANJANG BERAT KEMATANGAN GONAD HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN TINGKAT KEMATANGAN GONAD IKAN MENING (Dussumieria acuta) HASIL TANGKAPAN TELUK PULAU BAAI KOTA BENGKULU HASIL TANGKAPAN BAGAN TANCAP DI TELUK PULAU BAAI KOTA BENGKULU TINGKAT Dussumieria BAGAN TANCAP DI TELUK PULAU BAAI KOTA BENGKULU

Gunawan, Dedi and Nofridiansyah, Eko and Purnama, Dewi (2017) HUBUNGAN PANJANG BERAT KEMATANGAN GONAD HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN TINGKAT KEMATANGAN GONAD IKAN MENING (Dussumieria acuta) HASIL TANGKAPAN TELUK PULAU BAAI KOTA BENGKULU HASIL TANGKAPAN BAGAN TANCAP DI TELUK PULAU BAAI KOTA BENGKULU TINGKAT Dussumieria BAGAN TANCAP DI TELUK PULAU BAAI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (793kB)

Abstract

Ikan Mening (Dussumieria acuta ) merupakan salah satu ikan pelagis kecil yang dominan tertangkap dengan menggunakan alat tangkap bagan tancap dan memiliki nilai ekonomis penting. Nilai ekonomis yang tinggi disertai penangkapan yang terus-menerus terindikasi bahwa sudah terjadi penangkapan yang berlebihan yang diduga dapat menyebabkan sumberdaya ikan sudah mulai menipis. Hal tersebut dapat berdampak negatif terhadap populasi ikan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Teluk Pulau Baai Kota Bengkulu dan waktu penelitian pada bulan Mei – Juni 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Panjang Berat dan Tingkat Kematangan Gonad (TKG) Ikan Mening (Dussumieria acuta ). Metode penelitian menggunakan metode survey langsung ke lapangan. Pengambilan data primer dalam penelitian ini meliputi pengukuran panjang total, berat total dan tingkat kematangan gonad ikan dari ikan objek. Sebanyak 835 Ikan Mening (Dussumieria acuta) dengan jumlah ikan betina sebanyak 702 ikan dan ikan jantan sebanyak 133 ikan. Kisaran panjang total untuk ikan jantan yaitu 81 mm - 300,9 mm dan kisaran berat ikan jantan yaitu 5,1 gram – 7,3 gram. Sedangkan kisaran panjang total untuk ikan betina yaitu 76 mm - 345 mm dan kisaran berat ikan betina yaitu 5,1 gram – 9,0 gram. Berdasarkan perhitungan hubungan panjang berat Ikan Mening (Dussumieria acuta) diteliti, nilai b yang didapat yaitu 4,607 untuk ikan betina dan 4,618 untuk ikan jantan. Jadi, pola pertumbuhannya yaitu Allometri Positif yang ditunjukan dengan nilai b lebih dari 3 (>3). Tingkat Kematangan Gonad (TKG) Ikan Mening (Dussumieria acuta ) yang ditemukan yaitu TKG II dan TKG III baik pada ikan jantan maupun ikan betina.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:06
Last Modified: 23 Nov 2017 03:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item View Item