PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS VIII C SMP N 17 KOTA BENGKULU

Putra, Anugrah Adedo and Syahriman, Syahriman (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS VIII C SMP N 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test postest. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecanduan bermain game online. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan adanya penurunan kecanduan bermain game online setelah digunakan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan uji t, dengan nilai t = 6.069 dengan tingkat signifikaansi p = 0,084 maka p< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online siswa kelas VIII C SMP N 17 Kota Bengkulu. Kata kunci: layanan konseling kelompok, teknik manajemen diri, kecanduan bermain game online.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:24
Last Modified: 29 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item