CURAHAN WAKTU KERJA DAN POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN RUMAH TANGGA WANITA BURUH HARIAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Riski, Sapyanto and Ketut, Sukiyono and Gita, Mulyasari (2021) CURAHAN WAKTU KERJA DAN POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN RUMAH TANGGA WANITA BURUH HARIAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FIX RISKI SAPYANTO E1D014148 YES.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kelapa sawit sebagai salah satu komoditi perkebunan di Indonesia, Industri kelapa sawit di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat dan diperkirakan masih akan berlangsung dalam tahun-tahun mendatang. Pembangunan pertanian sebagai landasan pembangunan ekonomi maupun sosial melibatkan sumber daya manusia, baik pria maupun wanita. Wanita dilibatkan dalam pembangunan pertanian karena mereka juga berperan sebagai sumber tenaga kerja keluarga. Wanita mempunyai peran ganda yaitu di satu pihak berperan sebagai tenaga kerja domestik yang tidak menghasilkan pendapatan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis curahan waktu kerja rumah tangga wanita buruh harian kelapa sawit rakyat di Kecematan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Dan Mengetahui pola pengambilan keputusan suami atau istri rumah tangga wanita buruh harian kelapa sawit rakyat di Kecematan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2020. Pengambilan responden dilakukan melalui metode sensus yaitu dengan mengambil seluruh populasi sebagai responden. Jenis data yang digunakan dalam penenlitian ini meliputi data primer dan data sekunder, data primer berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta data sekunder diperoleh melalui literatur berupa dokumen – dokemen yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil Penelitian meenunjukkan Curahan waktu kerja rumah tangga wanita buruh harian kelapa sawit rakyat di Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah rata-rata kurang dari 15 jam/hari dengan persentase 36% atau 20 orang dari jumlah responden 55 orang, dan total curahan waktu kerja wanita yang lebih dari atau sama dengan 15 jam/hari lebih banyak yaitu sebesar 64% atau 35 orang, dari total jumlah responden sebanyak 55 orang. Serta Pola pengambilan keputusan rumah tangga wanita buruh harian kelapa sawit di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, dilakukan secara setara antara suami dan istri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:49
Last Modified: 29 Aug 2023 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14954

Actions (login required)

View Item View Item