DINAMIKA TINGKAT SERANGAN HAMA DEFOLIATOR TERHADAP PERTUMBUHAN KAYU AFRIKA (Maesopsis eminii) DI DESA TANGSI BARU KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU

Debora, Anita and Aprianto, Enggar and Suharto, Edi (2017) DINAMIKA TINGKAT SERANGAN HAMA DEFOLIATOR TERHADAP PERTUMBUHAN KAYU AFRIKA (Maesopsis eminii) DI DESA TANGSI BARU KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Belum atau kurang data mengenai pengaruh serangan hama terhadap kayu afrika (Maesopsis eminii) dan Hama yang menyerang suatu populasi hutan tanaman akan dapat bersifat sangat merusak terutama hama-hama dari kelompok defoliator. Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh hama ini cukup bervariasi bergantung dari jenis spesies maupun faktor abiotiknya (Pribadi, 2010), dan menurut Nair (2000) belum ada ditemukan jenis serangga atau penyakit yang spesifik menyerang tanaman ini. Maka perlu dilakukan penelitian tentang Dinamika Tingkat Serangan Defaliator terhadap Pertumbuhan Kayu Afrika (Maisopsis eminii) di desa Tangsi Baru Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Dinamika Tingkat Serangan Hama Defaliator terhadap Pertumbuhan Kayu Afrika selama januari-agustus 2015, dan mengetahui Dinamika Tingkat Serangan Hama Defaliator terhadap Pertumbuhan Kayu Afrika (Maesopsis eminii) di Desa Tangsi Baru Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Dan Mengetahui dinamika tingkat seranagan defoliator kayu afrika selama Januari-Agustus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2015 sampai agustus 2015 di Desa Tangsi Baru Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan survai ekologi dengan menggunakan sampling dan data hasil pengukuran dan perhitungan dianalisa dengan deskriptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif serta dianalisis dengan sidik ragam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinamika tingkat serangan defoliator kayu afrika dari bulan januari menurun hingga bulan maret dengan titik terndah kemudian perlahan meningkat sampai bulan agustus. Dan dari hasil analisis sidik ragam tidak ada pengaruh nyata terhadap pertumbuhan pohon pada tingkat serangan baik dari diameter, tinggi, dan volume.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:15
Last Modified: 23 Nov 2017 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item View Item