PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RASIONAL EMOTIF TERAPI TERHADAP PENERIMAAN SOSIAL ANAK BINAAN LPKA KELAS II BENGKULU

Sinta, Rosila and Hadiwinarto, Hadiwinarto (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RASIONAL EMOTIF TERAPI TERHADAP PENERIMAAN SOSIAL ANAK BINAAN LPKA KELAS II BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ROSILA SINTA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik rasional emotif terapi terhadap penerimaan sosial anak binaan LPKA kelas II Bengkulu. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah anak binaan LPKA kelas II Bengkulu berjumlah 7 orang anak. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model Likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan sosial anak binaan sebelum diberikan layanan memiliki skor rata-rata 66,71 dengan kategori rendah. Nilai setelah diberikan layanan memiliki skor rata�rata 111,85 dengan kategori tinggi. Hasil uji t = -11,955 dan p=0,000 maka p < 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan sosial sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rasional emotif. Kata kunci: penerimaan sosial, konseling kelompok , teknik rasional emotif terapi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:24
Last Modified: 29 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14970

Actions (login required)

View Item View Item