POTENSI KARBON PADA LAHAN AGROFORESTRI (KOPI DAN KARET TUA) DAN HUTAN SEKUNDER DI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN PADANG GUCI HILIR KABUPATEN KAUR

Tridinenti, Ferninda and Hidayat, M. Fajrin and Suhartoyo, Hery (2017) POTENSI KARBON PADA LAHAN AGROFORESTRI (KOPI DAN KARET TUA) DAN HUTAN SEKUNDER DI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN PADANG GUCI HILIR KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FERNINDA TRIDINENTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pemanasan global di bumi terjadi akibat ter ganggunya keseimbangan ener gi antara bumi dan atmosfer. Hal ini terjadi kar ena peningkatan gas- gas asam ar ang atau yang lebih dikenal dengan gas rumah kaca (GRK). Terjadinya perubahan iklim global yang disebabkan oleh emisi karbon ke atmosfer tercantum dalam dokumen Kyoto Protokol dan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), yang menekankan begitu pentingnya upaya pengurangan emisi karbon dan penyerapan karbon dari atmosfer (IPCC Working Group I-III, 2007). Strategi penurunan emisi gas rumah kaca dilakukan dengan meningkatkan kemampuan hutan dalam menyerap dan menyimpan karbon melalui pembangunan hutan. Sistem agroforestri merupakan salah satu sistem yang diperkirakan memiliki potensi dalam penyerapan dan penyimpanan karbon yang cukup besar. Sistem ini telah dipraktekan oleh berbagai petani di indonesia di berbagai tempat sejak dulu kala. Sistem ini diharapkan dapat mencegah perluasan tanah terdegradasi, melestarikan sumberdaya hutan, meningkatkan produktivitas pertanian, serta mengoptimalkan pemanfaatan ruang dan meningkatkan ker agaman hayati (Michon dan de Foresta 1995). Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh informasi potensi serapan karbon pada lahan Agroforestri di Desa Pulau Panggung Kecamatan Padang Guci Hilir Kabupaten Kaur dan mengetahui distribusi sebaran karbon pada akar, cabang, batang dan daun di Lahan Agrofor estri Desa Pulau Panggung Kecamatan Padang Guci Hilir Kabupaten Kaur. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 bulan, terhitung dari bulan s eptember – oktober 2015. Lokasi penelitian ini di Desa Pulau Panggung Kecamatan Padang Guci Hilir Kabupaten Kaur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi serapan karbon pada lahan agrofor estri di Desa Pulau Panggung Kecamatan Padang guci Hilir Kabupaten Kaur adalah 9,61 ton/ha. Distribusi sebaran karbon pada buah, akar, ranting, dan batang di lahan agrofor estri di Desa Pulau Panggung Kecamatan Padang guci Hilir Kabupaten Kaur denan rincian sebagai ber ikut : distribusi karbon daun Distribusi sebaran karbon pada bagian tanamana kopi adalah daun (113,15 gr am/17,19%), buah (41,66 gram/6,33%), akar (139,53 gram/21,20%), ranting (143,88 gram/21,86%), dan batang (219,92 gram/42%) sedangkan pada tanaman kar et adalah batang (25,18 kg/ 59,64%), cabang (9,60 kg/22,74%), akar (7,13 kg/16,98%), daun (4,58 kg/ 10,85%), ranting ( 2,85 kg/6,76%).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Nov 2017 08:57
Last Modified: 23 Nov 2017 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14971

Actions (login required)

View Item View Item