PERTUMBUHAN KAYU BAWANG (DYSOXYLUM MOLLISUMUM BLUME) PADA LAHAN BEKAS TAMBANG YANG SUDAH DITINGGALKAN DAN DI KEBUN MASYARAKAT DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Pirmansyah, Pirmansyah and Wiryono, Wiryono and Hidayat, M. Fajrin (2017) PERTUMBUHAN KAYU BAWANG (DYSOXYLUM MOLLISUMUM BLUME) PADA LAHAN BEKAS TAMBANG YANG SUDAH DITINGGALKAN DAN DI KEBUN MASYARAKAT DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
pirman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya merupakan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia baik itu sumber daya manusia, sumber daya alam hayati, sumber daya alam nonhayati, dan sumber daya buatan. Indonesia memilik sumber daya alam berlimpah yang terkandung di dalam bumi Indonesia diantaranya: minyak dan gas alam (migas), emas, berbagai jenis batuan yang salah satunya adalah batubara. Reklamasi merupakan salah satu rangkaian tujuan akhir dari kegiatan penambangan batubara untuk mengembalikan kondisi lahan kepada keadaan awal sebelum dilakukannya pertambangan, bahkan jika memungkinkan dapat lebih baik kondisinya pada saat sebelum penambangan. Kegiatan ini untuk pemulihan lahan bekas tambang sehingga dapat memperbaiki lahan yang terganggu ekologinya. Sasaran akhir dari reklamasi adalah untuk memperbaiki lahan bekas tambang agar kondisinya aman, stabil dan tidak mudah tererosi. Selama ini kegiatan penanaman reklamasi lahan pertambangan dilakukan dengan menggunakan jenis tanam yang bukan asli tanaman lokal yang memiliki nilai ekonomi rendah, seperti pohon acacia mangium dan sengon, adapun pohon yang dipilih untuk ditanam pada penelitian ini yaitu pohon kayu bawang (Dysoxylum mollissimum) yang merupakan asli tanaman lokal,yang memiliki tujuan untuk mendapatkan pertambahan nilai ekonomi. Maka dari itu dilakukan penelitian di lahan bekas tambang batubara dan kebun masyarakat yang bertujuan membandingkan pertumbuhan pohon Kayu Bawang (Dysoxylum mollissimum) di areal bekas tambang yg sudah ditinggalkan dan di kebun masyarakat dan untuk mengetahui pertumbuhan tanaman kayu bawang (Dysoxylum mollissimum), Penelitian ini dilakukan dalam waktu tiga bulan terhitung dari April 2015 sampai dengan Agustus 2015. Lokasi penelitian di Tambang batubara Inti bara perdana Kecamatan Taba penanjung dan di kebun masyarakat kecamatan pondok kelapa Kabupaten Bengkulu tengah Provinsi Bengkulu. Dari hasil penelitian menunjukkan tanaman kayu bawang berpotensi hidup dilahan bekas tambang batubara meskipun butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat potensi secara maksimal dari tanaman tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Nov 2017 09:00
Last Modified: 23 Nov 2017 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14972

Actions (login required)

View Item View Item