RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BLEWAH (Cucumis melo L. var. Cantalupensis) TERHADAP PERLAKUAN JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK

Ana, Diarta and Merakati, Handajaningsih and Prasetyo, Prasetyo (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BLEWAH (Cucumis melo L. var. Cantalupensis) TERHADAP PERLAKUAN JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Ana diarta_E1J017093.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Produksi nasional blewah dari tahun 2015 sampai 2019 mengalami fluktuasi. Hal tersebut diduga disebabkan oleh penurunan luas panen dan produktivitas lahan. Untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan produksi blewah. Salah satunya melalui penentuan jarak tanam dan dosis pupuk NPK. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan interaksi terbaik antara jarak tanam dengan pemberian pupuk NPK, (2) menentukan dosis pupuk NPK yang optimum untuk pertumbuhan dan hasil blewah, dan (3) menentukan jarak tanam terbaik untuk pertumbuhan dan hasil blewah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) pola factorial dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah jarak tanam yang terdiri dari 3 taraf, yaitu jarak tanam 100 cm × 100 cm, 100 cm × 75 cm, dan 100 cm × 50 cm. Faktor kedua adalah pemberian pupuk NPK yang terdiri dari 4 taraf, yaitu dosis pupuk NPK 0 gNPK/tanaman, 60 gNPK/tanaman, 120 gNPK/tanaman, dan dosis pupuk 180 gNPK/tanaman. Setiap perlakuan diulang 3 kali, sehingga diperoleh 36 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan Analisis Varian (ANAVA) pada taraf signifikansi F 5%. Apabila berpengaruh nyata, maka dilakukan uji lanjut dengan analisis Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5% dan untuk menetukan dosis pupuk NPK optimum dilakukan analisis Polynomial Ortogonal. Jarak tanam berinteraksi dengan dosis pupuk NPK. Pada jarak tanam rapat (50 cm × 50 cm) dan jarak tanam lebar (100 cm × 100 cm), pemberian pupuk NPK 60 g/tanaman meningkatkan kemanisan buah lebih baik dari pada kontrol. Jarak tanam 100 cm × 75 cm merespon blewah yang ditanam dengan kemanisan buah lebih baik daripada pemupukan NPK 120 g/tanaman. Diperoleh dosis optimum pupuk NPK pada panjang tanaman yaitu sebesar 55,68 g/tanaman dan pada jumlah bunga jantan sebesar 39,83 g/tanaman. Jarak tanam 100 cm x 50 cm memberikan hasil terbaik dan berbeda nyata dengan jarak tanam lain yang diuji.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:45
Last Modified: 29 Aug 2023 03:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14976

Actions (login required)

View Item View Item