RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS JAGUNG MANIS (Zea may ssaccharata Sturt) TERHADAP APLIKASI VERMIKOMPOS DENGAN DOSIS BERBEDA

Anggita, Sri Wahyuni and Edhi, Turmudi and Mohammad, Chosin (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS JAGUNG MANIS (Zea may ssaccharata Sturt) TERHADAP APLIKASI VERMIKOMPOS DENGAN DOSIS BERBEDA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
DRAFT SKRIPSI-ANGGITA SRI WAHYUNI-E1J017003 (2) (1) (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jagung manis (Zea mays Saccharata Sturt.) ialah salah satu tanaman hortikultura yang digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis serta mempunyai peranan cukup besar dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Selain bijinya, bagian lain seperti batang dan daun muda dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak, batang dan daun tua (setelah panen) untuk pupuk hijau/kompos, batang dan daun kering untuk bahan bakar pengganti kayu bakar, dan buah jagung muda untuk sayuran. Efesiensi penggunaan pupuk organik dalam budidaya tanaman jagung manis, masih menjadi tantangan dalam kegiatan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis optimal vermikompos bagi pertumbuhan dan hasil setiap varietas Jagung Manis.Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2021.Penelitian ini berupa percobaan lapangan bertempat di kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial yang terdiri dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah varietas jagung manis Sweetboy, Bonanza, dan Paragon. Faktor kedua adalah dosis vermikompos yang terdiri atas yang terdiri dari 3 taraf yaitu: 0, 10, 20 dan 30 ton/ha. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan Analisis Varian pada uji taraf F 5%.Variabel yang menunjukkan ada perbedaan nyata pada varietas maka di uji lanjut DMRT taraf 5%.Untuk menentukan dosis optimal pupuk vermikompos dilakukan analisis polynomial orthogonal. Hasil penelitian menunjukan peningkatan secara linear seiring dengan peningkatan dosis pupuk.Secara umum aplikasi vermikompos hingga dosis 30 ton/ha tidak cukup besar pengaruhnya terhadap peningkatan pertumbuhan tanaman.Bobot tongkol berkelobot, panjang tongkol, dan hasil per petak juga menunjukan peningkatan seiring dengan peningkatan dosis vermikompos hingga 30 ton/ha, namun besar peningkatannya berbeda antar varietas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:54
Last Modified: 29 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item