DEWI, WULAN SARI and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYINGTERHADAP KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI YANG BAIK SISWA SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
SKRIPSI DEWI WULAN SARI, S.Pd..pdf - Additional Metadata Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap komunikasi antar pribadi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa yang merupakan seluruh siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 9 orang siswa. Teknik Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai t -10,003 dan nilai sig sebesar 0,000 (<0,005), maka artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap komunikasi antar pribadi siswa. Kata kunci : Komunikasi Antar Pribadi, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 04:12 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 04:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14988 |
Actions (login required)
View Item |