Deka, Okta Ariesan and Nirwana, Nirwana (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DEBAT AKTIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
OKTA ARIESAN DEKA A1E016037.pdf - Presentation Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil obesrvasi yang dilakukan disekolah, perangkat pembelajaran yang digunakan guru belum tersusun dengan baik dan belum menggunakan instrumen penilaian yang sesuai dengan model pembelajran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model debat aktif pada materi pemanasan global untuk kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model Sugiyono Level 1. Adapun tahapan-tahapan yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain dan perbaikan desain. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli yang ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek penyajian, aspek isi dan aspek kebahasaan. Berdasarkan hasil uji validasi aspek penyajian didapatkan persentase sebesar 75,5% dengan kategori valid, aspek isi didapatkan persentase sebesar 81,6% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan didapatkan persentase sebesar 83,3% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model debat aktif pada materi pemanasan global untuk kelas XI SMA yang dihasilkan sudah valid/layak untuk diujicobakan dengan persentase rata-rata sebesar 80,13%. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Debat Aktif, Berpikir Kritis, Berargumentasi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 08:25 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 08:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14989 |
Actions (login required)
View Item |