Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas VI SD Negeri 79 Kota Bengkulu.

Rahma, Maisyah and Agus, Susanta (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas VI SD Negeri 79 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI maso OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi volume kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research) dengan metode penelitian kombinasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI.C SD Negeri 79 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 39 orang peserta didik. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan aritmatika sosial terdiri dari 4 jenis kesalahan, yaitu sebagai berikut Kesalahan konsep sebesar 52%, kesalahan prinsip sebesar 76%, kesalahan operasi sebesar 56%, dan kesalahan notasi / tanda sebesar 88%. Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah: a) siswa tidak teliti dalam membaca soal, b) siswa tidak memahami maksud soal, c) siswa terbiasa menggunakan kata-kata atau kalimat sendiri yang memiliki makna yang berbeda tentang apa yang diketahui dan ditanya pada soal, d) siswa tidak mengerti mengubah soal ke dalam model matematika, e) siswa tidak hafal perkalian dan pembagian, f) siswa tidak teliti dalam proses perhitungan Kata ku

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:23
Last Modified: 29 Aug 2023 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item View Item