IMPLEMENTASI HAK KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL PADA PRODUK P�IRT DI KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Putri, Mayang Sari and Candra, Irawan and Rahma, Fitri (2022) IMPLEMENTASI HAK KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL PADA PRODUK P�IRT DI KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PUTRI MAYANG SARI B1A017280.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Di Kota Manna banyak terdapat produk makanan yang beredar dipasaran dari hasil olahan industri rumah tangga. Secara umum produk makanan hasil olahan harus sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan, diantaranya adalah pencantuman label P�IRT pada produk makanan. Tapi hal tersebut berbeda dengan berbagai produk makanan yang beredar dipasaran hasil dari olahan industri rumah tangga. Salah satunya adalah Kue Bay tat, Kue Bipang, dan Kue Cucur yang diedarkan tanpa mencantumkan label P-IRT pada produk makanannya. Secara umum produk makanan hasil dari olahan industri rumah tangga yang beredar di pasaran Kota Manna tidak mencantumkan label P-IRT. Padahal menurut Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan, maka pelaku usaha wajib mencantumkan label pada produk makanannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terhadap P-IRT yang tidak mencantumkan label di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan serta mengetahui bentuk tanggungjawab pelaku usaha terhadap konsumen berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan apabila terjadi kerugian terhadap konsumen. Metode penelitian : (1) Jenis penelitian ini yaitu kualitatif,(2) pendekatan penelitian yang digunakan hukum empiris, (3) data penelitian data primer dan data sekunder, Hasil penelitian bahwa : Pengimplementasian hak konsumen oleh pelaku usaha belum diterapkan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku karena kurangnya kesadaran dari pelaku usaha akan kewajibannya. (2) Bentuk tanggung jawab yang dilakukan oleh pelaku usaha terhadap konsumen yang dirugikan yaitu berupa produk baru/uang tunai sejumlah produk yang dibeli.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:40
Last Modified: 29 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item