Putra, Sobhita Dwi and Effie, Efrida Muchlis (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI SOBHITA DWI PUTRA PDF.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam menyelesaikan soal uraian pada pokok bahasan bangun datar segiempat di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Kota Bengkulu 2018/2019. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes siswa dan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Kota Bengkulu dalam penyelesaian soal dan wawancara materi bangun datar pada pokok bahasan segiempat adalah (1) Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian siswa berada pada tingkat Elementary Clarification (Memberikan Penjelasan Sederhana). Hal ini terlihat dari data yang menunjukan bahwa 30% siswa pada soal nomor 1 dan 2, 20% siswa pada soal nomor 3 serta 40% siswa pada soal nomor 4 sudah menguasai sebagian dari indikator kemampuan berpikir kritis pada tingkat ini seperti menuliskan data yang diketahui dan ditanyakan oleh soal, membandingkan data yang diketahui serta melengkapi gambar dengan ukuran yang diketahui. (2) Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa mayoritas siswa berada pada tingkat Inferenced (menyimpulkan). Hal ini terlihat dari data yang menunjukan bahwa 60% siswa pada soal nomor 1 dan 3, 50% siswa pada soal nomor 2, dan 40% siswa pada soal nomor 4 sudah mampu menyelesaikan soal. (3) Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa siswa berada pada tingkat Advanced Clarification (memberikan penjelasan lebih lanjut). Hal ini terlihat dari 10% siswa pada soal nomor 1 dan 20% siswa pada soal nomor 2, 3 dan 4 sudah menguasai mampu menyelesaikan soal yang telah dimodifikasi dan mampu menyelesaikkan soal menggunakan lebih dari satu cara penyelesaian soal. Kata Kunci : Analisis, Deskriptif, dan Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 08:25 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 08:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15001 |
Actions (login required)
View Item |