STUDI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ROTAN PADA RAFFLESIA ROTAN DAN SRI ROTAN DI DESA TABA PASEMAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Idsan, Rakha Satya and Dany, Yusril and Marniza, Marniza (2017) STUDI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ROTAN PADA RAFFLESIA ROTAN DAN SRI ROTAN DI DESA TABA PASEMAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RAKHA SATYA IDSAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Rafflesia Rotan dan Sri Rotan merupakan 2 industri furnitur rotan yang terletak di jalan lintas Bengkulu-Curup Desa Taba Pasemah Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah yang memproduksi alat perabot rumah tangga (seperti meja, kursi, dan lain-lain) yang berbahan dasar dari rotan. Kondisi persediaan bahan baku rotan di Rafflesia Rotan dan Sri Rotan selama ini tidak tetap. Pemesanan bahan baku ini bisa terjadi beberapa kali pemesanan yaitu 12 kali sesuai kebutuhan pada kegiatan produksinya, sehingga terjadi kelebihan bahan bahan baku rotan. Rata-rata kelebihan bahan baku rotan pada Rafflesia Rotan dan Sri Rotan yaitu sekitar 1000 batang per tahun. Maka dari itu, untuk menjawab permasalahan di atas digunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam menentukan jumlah pembelian optimal dengan biaya persediaan yang minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian persediaan bahan baku rotan pada Rafflesia Rotan dan Sri Rotan yang meliputi kuantitas pemesanan per pesan yang optimal, persediaan pengaman (safety stock), pemesanan kembali (reorder point) dan total biaya persediaan (total cost), yang kemudian dianalisis dan kemudian dibandingkan dengan hasil perhitungan dari metode yang digunakan dan selanjutnya diketahui yang lebih efisien. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitaif. Obyek penelitian yaitu di Rafflesia Rotan dan Sri Rotan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas pemesanan per pesan menurut metode EOQ lebih besar dan dengan frekuensi yang lebih kecil dibandingkan dengan kebijakan Rafflesia Rotan dan Sri Rotan, dan total biaya persediaan bahan baku rotan pada Rafflesia Rotan dan Sri Rotan lebih besar dari hasil perhitungan menurut metode EOQ. Berdasarkan metode analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil perhitungan kuantitas pembelian yang optimal per pemesanan pada Rafflesia Rotan adalah sebesar 495500 batang, kuantitas persediaan pengaman (safety stock) yang dimiliki adalah sebesar 180-196 batang, pemesanan kembali (reorder point) yang harus dilakukan yaitu ketika persediaan mencapai sebesar 207-226 batang dan total biaya persediaan (total cost) yang diperoleh sebesar Rp.42.539.799,1-Rp.45.333.881,2/tahun. Pada Sri Rotan, hasil perhitungan kuantitas pembelian yang optimal per pemesanan adalah sebesar 534-631 batang, kuantitas persediaan pengaman (safety stock) yang dimiliki adalah sebesar 55-88 batang, pemesanan kembali (reorder point) yang harus dilakukan yaitu ketika persediaan mencapai sebesar 70,98-101,2 batang dan total biaya persediaan (total cost) yang diperoleh sebesar Rp.13.347.818,6-Rp.15.790.625/tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:52
Last Modified: 24 Nov 2017 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15005

Actions (login required)

View Item View Item