PENGARUH PENGATURAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BABY CORN PADA TIGA VARIETAS BENIH JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.)

Mudrik, Gusti Setiawan and Bilman, Wilman Simanihuruk and Bambang, Gongo Murcitro (2021) PENGARUH PENGATURAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BABY CORN PADA TIGA VARIETAS BENIH JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI- Mudrik gusti setiawan- E1J014110 .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Baby corn disebut juga jagung semi atau jagung putri dikenal sebagai sayuran mini yang memiliki cita rasa manis dan memiliki nilai gizi. Selain itu merupakan bagian dari tongkol jagung muda yang dipetik sebelum berbiji. Pada dasarnya Baby corn dapat dihasilkan oleh setiap jenis jagung. Namun, untuk mendapatkan hasil panen yang optimal diperlukan jenis jagung yang khusus. Usaha untuk meningkatkan produksi Baby corn dapat dilakukan dengan penerapan teknologi seperti penggunaan benih unggul, pemberian pupuk yang berimbang serta pengaturan jarak tanam yang optimal untuk meningkatkan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari jarak tanam dan varietas benih jagung manis pada budidaya Baby corn. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April 2021 sampai Juni 2021 berlokasi di lahan pertanian, Jalan Padat Karya, Pagar Dewa, Kota Bengkulu. Dengan ketinggian ±15 Mdpl. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) terdiri atas dua faktor dan 3 ulangan : Faktor pertama jarak tanam terdiri atas : 70 cm x 25 cm, 40 cm x 25 cm, dan 35 cm 25 cm. Faktor kedua varietas benih terdiri atas : Bimo, Manise, dan Baruna. Pengamatan dilakukan pada tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, waktu muncul bunga jantan dan bunga betina, umur panen, bobot tongkol tanpa kelobot, dan panjang tongkol tanpa kelobot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak tanam 40 cm x 25 cm memberikan hasil terbaik dibandingkan jarak tanam 70 cm x 25 cm dan 35 cm x 25 cm. Pada tiga varietas benih yang telah diuji, varietas Baruna menunjukkan hasil tertinggi dibandingkan varietas Bimo dan Manise.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:19
Last Modified: 29 Aug 2023 06:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15010

Actions (login required)

View Item View Item