PENGARUH UKURAN BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.) PADA PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS ABU SEKAM PADI

Pitriani, Pitriani and Marlin, Marlin and Yulian, Yulian (2021) PENGARUH UKURAN BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.) PADA PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS ABU SEKAM PADI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PITRIANI (E1J016133).pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Bawang daun (Allium fistulosum L.) merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang dikembangkan secara intensif dan komersial. Permintaan bawang daun yang meningkat tidak diikuti dengan produktivitas bawang daun yang beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Produkstivitas bawang daun menurun disebabkan oleh sebagian petani masih banyak menggunakan pupuk N anorganik dengan dosis tinggi dan diberikan secara berkelanjutan sehingga dapat menurunkan kesuburan tanah. Cara untuk meningkatkan kesuburan tanah adalah dengan penambahan pupuk organik diantaranya abu sekam padi yang digunakan sebagai media tanam pada tanaman bawang daun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Februari 2020 di Zona Pertanian Medan Baru. Jl. WR Supratman, Kel. Kandang Limun, Kec, Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Percobaan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dengan 2 faktor perlakuan yaitu ukuran bibit bawang daun dan dosis pupuk abu sekam padi. Perlakuan pada penelitian ini adalah penggunaan ukuran bibit bawang daun yang terdiri U1(5 cm), U2 (10 cm), U3(15 cm) dan U4 (20 cm) dan pemberian dosis abu sekam padi yang terdiri dari A1 (0 ton/ha), A2 (10 ton/ha), A3 (15 ton/ha) dan A4 (20 ton/ha). Kombinasi perlakuan pada penelitian ini yaitu terdapat 16 kombinasi dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 48 satuan percobaan, setiap satuan percobaan terdiri dari tiga tanaman. Dari kombinasi perlakuan pada penelitian ini didapatkan jumlah tanaman keseluruhan yaitu 144 tanaman. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa terdapat Interaksi antara ukuran bibit tanaman bawang daun dan dosis abu sekam padi terhadap variabel bobot kering yaitu pada ukuran 5 cm dan 15 cm menurun tetapi dapat meningkatkan bobot kering pada ukuran bibit 10 cm dan 20 cm. Pada ukuran bibit tanaman bawang daun 15 cm menunjukkan bahwa jumlah daun, jumlah anakan per rumpun terbanyak dan bobot kering akar tertinggi. Pada dosis optimal pada abu sekam padi 15 ton/ha menunjukkan jumlah daun terbanyak, tinggi tanaman tertinggi, bobot segar akar dan bobot kering akar tertinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:31
Last Modified: 29 Aug 2023 06:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15015

Actions (login required)

View Item View Item