PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN DOLOMIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA (Lactuca sativa L.) PADA TANAH AKSESI BENTIRING

Reza, Junita Okta Viani and Merakati, Handajaningsih and Eko, Suprijono (2021) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN DOLOMIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA (Lactuca sativa L.) PADA TANAH AKSESI BENTIRING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi - Reza Junita Okta Viani.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tanaman selada (Lactuca sativa L.) merupakan tanaman hortikulura yang memiliki umur pendek dan termasuk dalam famili composite yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga pemintaan pasar akan selada terus meningkat. Tanah ultisol merupakan lahan kering sub optimal yang terluas di Indonesia yang memiliki kesuburan tanah rendah dan tingkat kemasaman tinggi sehingga kurang optimal untuk pertumbuhan selada. Pemberian pupuk kandang ayam dan dolomit dapat meningkatkan kesuburan tanah melalui perbaikan sifat fisik, kimia dan biologi tanah sehingga mampu mendukung pertumbuhan selada. Penelitian ini bertujuan menentukan dosis pupuk kandang ayam yang paling tepat pada setiap dosis dolomit, menentukan dosis pupuk kandang ayam terbaik untuk pertumbuhan dan hasil selada pada tanah ultisol, serta menentukan dosis dolomit terbaik untuk pertumbuhan dan hasil selada pada tanah ultisol. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2020 sampai dengan bulan Desember 2020 di Jalan WR. Supratman Perum Azzahra Permai, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas dua faktor dan diulang sebanyak 6 (enam) kali. Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang ayam dengan 4 (empat) taraf yaitu : 0 ton ha-1 , 10 ton ha-1 , 20 ton ha-1 dan 30 ton ha-1 . Faktor kedua adalah dosis dolomit dengan 3 (tiga) taraf yaitu : tanpa dolomit, 1xAl-dd dan 2xAl-dd. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pemberian dosis pupuk kandang ayam 20 ton ha-1 yang dikombinasikan dengan dosis dolomit 1xAl-dd mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman selada. Dosis pupuk kandang ayam yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil selada adalah 20 ton ha-1 . Dosis dolomit yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil selada adalah 1xAl-dd.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:42
Last Modified: 29 Aug 2023 06:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15019

Actions (login required)

View Item View Item