RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI RAWA BENGKULU YANG DIRENDAM PADA FASE VEGETATIF DENGAN LAMA RENDAMAN DAN WAKTU PERENDAMAN BERBEDA

Syahdil, Syahdil and Sumardi, Sumardi and Mohammad, Chozin (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI RAWA BENGKULU YANG DIRENDAM PADA FASE VEGETATIF DENGAN LAMA RENDAMAN DAN WAKTU PERENDAMAN BERBEDA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - SYAHDIL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Padi merupakan tanaman pangan yang menghasilkan beras sebagai bahan makanan pokok utama di Indonesia. Kebutuhan akan beras sebagai bahan makanan pokok terus meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk. Oleh karena itu, produksi pertanian khususnya padi sebagai sumber makanan pokok harus ditingkatkan agar kebutuhan pangan setiap orang dapat terpenuhi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi padi diantaranya adalah dengan perluasan areal tanam. Ekstensifikasi umumnya terkendala dengan ketersediaan lahan yang sesuai dengan komoditas padi rawa sehingga, perlu mempertimbangkan lahan yang masih tersedia , meski memiliki beberapa faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan padi. Salah satu faktor penghambat usaha tani padi dilahan rawa yaitu datangnya hujan yang tidak menentu dan lama hujan berlansung hidangga dapat menyebabkan tanaman terendam. Lama tanaman mengalami rendaman yang tidak dapat dipredeksi dan tidak dapat dikendalikan demikian juga dengan umur tanaman pada saat mengalami rendaman. Sehingga, Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dampak lama rendaman pada umur tanaman yang berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil padi rawa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni-November 2020 di Pino Raya, Bengkulu selatan, Bengkulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan tanaman untuk bertahan hidup terhadap redaman dipengeruuhi oleh lama rendaman dan umur tanaman pada saat mengalami perendaman Bahkan, cekaman tersebut dapat menyebabkan tanaman tidak mampu bertahan hidup. Sedangkan tanaman yang mampu bertahan memiliki hambatan seperti pertumbuhan (tinggi tanaman,jumlah daun, luas daun, jumlah anakan total), komponen hasil (jumlah anakan produktif, panjang malai, jumlah gabah per malai, dan bobot 100 gabah). Hambatan tersebut semakin besar seiring dengan umur bibit ketika terendam dan lama perendamman.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:16
Last Modified: 29 Aug 2023 07:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item