RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN PUPUK FOSFOR DI ULTISOL

Wafiyudin, Wafiyudin and Hesti, Pujiwati and Kanang, Setyo Hindarto (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN PUPUK FOSFOR DI ULTISOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI WAFIYUDIN (E1J016117).pdf - Additional Metadata
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan kedelai hitam pada lahan Ultisol dihadapkan pada kendala tingkat kesuburan tanah yang rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam di Ultisol yaitu dengan penambahan kompos TKKS dan pupuk P. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan interaksi antara pupuk kompos TKKS dan pupuk P terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam, (2) menentukan dosis kompos TKKS yang optimal terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam, dan (3) menentukan dosis pupuk P yang optimal terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Oktober 2020 di Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah dosis pupuk kompos TKKS yang terdiri atas 4 taraf, yaitu: 0 ton/ha, 10 ton/ha, 20 ton/ha, dan 30 ton/ha. Faktor kedua adalah dosis pupuk P, yang terdiri atas 4 taraf, yaitu: 0 kg/ha, 50 kg/ha, 100 kg/ha, dan 150 kg/ha. Setiap satuan percobaan terdiri dari 32 tanaman dengan jumlah sampel perpetakan yaitu 5 tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang tidak nyata antara pupuk kompos TKKS dengan penambahan dosis pupuk P pada variabel pertumbuhan maupun hasil tanaman kedelai. Pemberian pupuk kompos TKKS hingga dosis 30 ton/ha tidak didapatkan dosis yang optimum pada seluruh peubah yang diamati. Pemberian pupuk P hingga dosis 150 kg/ha tidak didapatkan dosis yang optimum pada seluruh peubah yang diamati. Pemberian pupuk P cenderung meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberikan pupuk P.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:32
Last Modified: 29 Aug 2023 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15036

Actions (login required)

View Item View Item