UJI PERKECAMBAHAN, PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays. L) TERHADAP EKSTRAK ALELOPAT SORGUM DAN KULIT BUAH JENGKOL SEBAGAI CAMPURAN UNTUK HERBISIDA CALARIS

Wendy, Yosevin Siahaan and Marulak, Simarmata and Prasetyo, Prasetyo (2021) UJI PERKECAMBAHAN, PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (Zea mays. L) TERHADAP EKSTRAK ALELOPAT SORGUM DAN KULIT BUAH JENGKOL SEBAGAI CAMPURAN UNTUK HERBISIDA CALARIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI WENDY YOSEVIN SIAHAAN E1J015085.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pengendalian gulma dengan menggunakan herbisida sintesis secara terus menerus terhadap tanaman jagung cenderung akan meningkatkan dosis yang menyebabkan efikasi menurun sehingga dapat mengakibatkan resisten pada gulma. Untuk penggunaan herbisida nabati secara tersendiri juga kurang efektif karena toksisitasnya masih rendah. Sehingga perlu dilakukan pengujian potensi alelopati dari ekstrak kulit buah jengkol dan ekstrak tanaman sorgum yang dicampur dengan herbisida Calaris untuk meningkatkan efikasinya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 – Juli 2020 di Laboratorium Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dan di Lahan percobaan Fakultas Pertanian UNIB, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Terdapat 2 tahap percobaan, Percobaan 1 yaitu uji perkecambahan tanaman jagung, dan Percobaan 2 adalah uji pertumbuhan, hasil tanaman jagung serta bobot gulma. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan 8 perlakuan yaitu: P0 (Kontrol), P1 (Ekstrak kulit buah jengkol 10%), P2 (Ekstrak sorgum 10%), P3 (Herbisida calaris (atrazine dan mesotrione) 0,5%), P4 (Ekstrak kulit buah jengkol 10% + ekstrak sorgum 10%), P5 (Herbisida calaris 0,5% + ekstrak kulit buah jengkol 10%), P6 (Herbisida calaris 0,5%, + ekstrak sorgum 10%), dan P7 (Herbisida calaris 0,5% + ekstrak kulit buah jengkol 10% + ekstrak sorgum 10%). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dengan uji F taraf 5%. Dilakukan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) taraf 5% pada data yang menunjukkan pengaruh nyata. Hasil percobaan 1 menunjukkan bahwa pemberian herbisida Calaris, ekstrak kulit buah jengkol dan ekstrak tanaman sorgum tidak dapat mempengaruhi daya kecambah, tetapi menghambat panjang radikula, panjang plumula, bobot segar radikula, dan bobot segar plumula perkecambahan jagung. Percobaan 2 menunjukkan bahwa herbisida Calaris dicampur dengan ekstrak kulit buah jengkol dan ekstrak tanaman sorgum berpengaruh nyata terhadap luas daun, bobot kering tanaman, bobot segar dan kering gulma rumput.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:36
Last Modified: 29 Aug 2023 07:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15037

Actions (login required)

View Item View Item