PENGARUH KONSENTRASI RIZOBAKTERI PEMACU TUMBUH TANAMAN DAN PUPUK UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG DAYAK (Eleutherine americana Merr.)

Weno, Setiawan and Marlin, Marlin and Widodo, Widodo (2021) PENGARUH KONSENTRASI RIZOBAKTERI PEMACU TUMBUH TANAMAN DAN PUPUK UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG DAYAK (Eleutherine americana Merr.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI WENO SETIAWAN E1J016141.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Bawang dayak (Eleutherine americana Merr.) merupakan tanaman khas Kalimantan Tengah yang berasal dari Amerika tropis. Secara empiris umbi bawang dayak sudah digunakan masyarakat lokal untuk mengobati luka dan obat bisul. Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit kanker usus, kanker payudara, diabetes melitus, hipertensi, menurunkan kolesterol, obat bisul, stroke dan sakit perut sesudah melahirkan. Kenyataan yang ada di masyarakat lokal merupakan bukti bahwa tanaman ini merupakan tanaman obat multifungsi yang sangat bermanfaat sehingga penelitian dan pengembangan lebih lanjut sangat diperlukan untuk kepentingan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan interaksi terbaik pemberian konsentrasi RPTT dengan dosis pupuk urea untuk pertumbuhan dan hasil bawang dayak, menentukan konsentrasi RPTT yang optimal untuk pertumbuhan dan hasil bawang dayak, menentukan dosis pupuk urea yang optimal untuk pertumbuhan dan hasil bawang dayak. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Desember 2020 yang di lakukan di Kelurahan Topos Kecamatan Topos Kabupaten Lebong. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi RPTT (R) Faktor kedua adalah dosis pupuk Urea (N). Kosentrasi RPTT yang digunakan terdiri dari 4 taraf yaitu R0 = 0 g/L, R1 = 10 g/L, R2 = 20 g/L dan R3 = 30 g/L. Sedangkan dosis pupuk Urea yang digunakan terdiri dari 3 taraf yaitu N1 = 100% rekomendasi (200 kg/ha), N2 = 50% rekomendasi (100 kg/ha), N3 = 25% rekomendasi (50 kg/ha). Berdasarkan jumlah taraf perlakuan diperoleh 12 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 36 satuan percobaan. masing�masing perlakuan terdapat 3 tanaman sampel sehingga terdapat 108 tanaman. Hasil penelitian menunjukan terdapat interaksi antara pemberian RPTT dan pupuk Urea. Interaksi pemberian RPTT dengan pupuk Urea menunjukkan hasil yang berbeda nyata pada jumlah anakan. Jumlah anakan tanaman bawang dayak dengan pemberian dosis RPTT pada konsentrasi 15 g/l dan pupuk Urea 25% rekomendasi (50 kg/ha) memberikan hasil pertumbuhan jumlah anakan sebesar 12,55. Akan tetapi belum mencapai titik optimal dan masih bersifat linier positif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:39
Last Modified: 29 Aug 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item