ANALISIS IKLAN “CLUSTERKU BIRU” DALAM MEMBENTUK IMAGE XL DI KOTA BENGKULU

Febrianti, Yessi and Susri , Adeni and Dwi, Aji Budiman (2012) ANALISIS IKLAN “CLUSTERKU BIRU” DALAM MEMBENTUK IMAGE XL DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
YESSI FEBRIANTY-2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Iklan “Clusterku biru” adalah iklan yang dibuat oleh PT. XL Axiata tbk. sebagai salah satu bentuk iklan yang menggunakan tembok dalam penyampaian pesan dengan tujuan membangkitkan kesadaran akan brand XL dan membentuk image positif dimata khalayak. Dengan menggunakan analisis berdasarkan unsur- unsur, diantaranya persepsi khalayak tentang iklan, tinjauan dari perusahaan, produk XL sebagai brand, desain iklan “Clusterku biru” serta lokasi penempatan iklan “Clusterku biru”, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran iklan tembok “Clusterku biru” dalam membentuk image XL di kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yakni mencoba memperoleh gambaran sejelas-jelasnya mengenai iklan “Clusterku biru” oleh XL demi membentuk citra XL dikota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi serta studi pustaka. Melalui iklan tembok “Clusterku biru”, XL bertujuan membangkitkan awareness khalayak, menanamkan brand XL dibenak khalayak dan membentuk image produk yaitu XL sebagai produk provider selular yang Murah. Selain itu iklan “Clusterku biru” juga berperan sebagai iklan yang menekankan kembali citra yang disampaikan oleh media primer, yaitu televisi serta sebagai iklan pengingat dan iklan yang meneguhkan keputusan khalayak yang telah memilih XL. Meskipun fakta yang ditemui peneliti bahwa iklan “Clusterku biru” tidak menjadi iklan yang membentuk citra Murah pada brand XL namun khalayak mengakui bahwa iklan ini cukup menarik perhatian dan membuat mereka semakin ingat terhadap brand XL walaupun tidak menjadi pemicu mereka memilih XL sebagai provider selular mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Nov 2013 08:20
Last Modified: 17 Nov 2013 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item