ANALISIS AKUSTIK VOLUME BACKSCATTERING STRENGTH (SV) TUKIK PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) DENGAN KEPADATAN BERBEDA MELALUI PENGUKURAN TERKONTROL PADA FREKUENSI 200 kHz.

Elgi, Juniantara and Deddy, Bakhtiar and Ari, Anggoro (2021) ANALISIS AKUSTIK VOLUME BACKSCATTERING STRENGTH (SV) TUKIK PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) DENGAN KEPADATAN BERBEDA MELALUI PENGUKURAN TERKONTROL PADA FREKUENSI 200 kHz. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ELGI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penyu merupakan salah satu fauna yang dilindungi karena populasinya yang terancam punah.Hidroakustik merupakan salah satu metode yang secara langsung dapat digunakan dalam pengkajian stok Pendugaan nilai Volume backscattering strength (Sv), pada tukik belum diketahui. Tujuan untuk menganalisis nilai volume backscattering strength (Sv) tukik dengan kepadatan yang berbeda dan menguji linearitas hubungan Sv terhadap pertambahan kepadatan tukik.Penelitian ini dilakukan di kolam perairan Tapak Paderi Kota Bengkulu. Pelaksanaan penelitiannya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan yaitu pada bulan Agustus sampai Oktober 2020.Pengolahan data akustik dilakukan di Laboratorium Eksplorasi Sumberdaya dan Akustik Kelautan, Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya Palembang.Peralatan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah scientific echosounder Simrad EK-15 dengan frekuensi 200 kHz.Objek penelitian adalah tukik 20 ekor. Sebelum melakukan pengukuran dan sounding terhadap tukik penelitian, peralatan akustik yang sudah terpasang terlebih dahulu dikalibrasi.Nilai koefisien determinasi (

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:07
Last Modified: 29 Aug 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15050

Actions (login required)

View Item View Item