KAJIAN HAMBUR BALIK AKUSTIK DARI TUKIK PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) MELALUI PENGUKURAN SECARA TERKONTROL PADA FREKUENSI 200 KHz

Irwin, Wahyudi and Deddy, Bakhtiar and Ari, Anggoro (2021) KAJIAN HAMBUR BALIK AKUSTIK DARI TUKIK PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) MELALUI PENGUKURAN SECARA TERKONTROL PADA FREKUENSI 200 KHz. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI IRWIN WAHYUDI (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penyu merupakan reptil laut yang dilindungi karena populasinya yang terancam punah. Convention on International Trade in Endangered of Wild Flora and Fauna (CITES) menetapkan tujuh jenis penyu di dunia ke dalam Appendix I sebagai hewan yang terancam punah, dilindungi serta tidak dieksploitasi dalam bentuk apapun. Jumlah tukik yang berhasil sampai ke laut saat ini sulit diketahui, salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadan tukik di alam adalah dengan menggunakan metode akustik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik hambur balik tukik penyu lekang dan untuk mengetahui hubungan hambur balik dengan panjang tubuh tukik penyu lekang. Manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi tentang nilai hambur balik dan hubungan terhadap panjang tubuh tukik yang dapat dijadikan dasar dalam pendugaan stok atau kelimpahan tukik di alam. Penelitian ini dilakukan di perairan kolam Tapak Paderi Kota Bengkulu. Pelaksanaan penelitiannya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan yaitu pada bulan Agustus sampai Oktober 2020. Pengolahan data akustik dilakukan di Laboratorium Eksplorasi sumberdaya dan Akustik Kelautan Jurusan Kelautan FMIPA Universitas Sriwijaya Palembang. Hasil yang diperoleh yaitu bahwa nilai rata-rata TS berkisar antara -52,74 sampai -48,45 dB untuk ukuran panjang tukik 7-9,3 cm. Berdasarkan persamaan regresi nilai Koefisien determinasi (R2 ) yang didapat yaitu 0.57 sehingga diketahui bahwa panjang total mempengaruhi nilai target strength sebesar 57% dan 43% dipengaruhi oleh faktor lain. dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara panjang total tukik dengan nilai TS tukik atau panjang total memiliki pengaruh terhadap besarnya nilai TS pada tukik. Kata Kunci : Tukik, Metode Akustik, Target Strength, Tapak Paderi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:21
Last Modified: 29 Aug 2023 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15056

Actions (login required)

View Item View Item