PERANCANGAN SISTEM KENDALI SUHU DAN KELEMBABAN PADA RUMAH TANAMAN UNTUK TANAMAN HIDROPONIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

Mirza, Merah and Faizal, Hadi and Irnanda, Priyadi (2017) PERANCANGAN SISTEM KENDALI SUHU DAN KELEMBABAN PADA RUMAH TANAMAN UNTUK TANAMAN HIDROPONIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MERAH MIRZA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Selama ini kegiatan bercocok tanam dilakukan di wilayah pedesaan yang memiliki suhu dan kelembaban yang pas untuk tanaman. Hidroponik adalah sistem bercocok tanam tanpa menggunakan tanah dan sangat cocok diaplikasikan di wilayah perkotaan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, suhu dan kelembaban harus diatur sedemikian rupa agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Maka, pengaplikasian rumah tanaman (green house) adalah solusi yang tepat. Dengan menggunakan sensor DHT22 yang berfungsi sebagai input pembacaan suhu dan kelembaban yang ada didalam rumah tanaman tersebut. Sistem output dari pembacaan sensor tersebut berupa kipas yang disetting menggunakan tipe kipas pembuangan diakhir dinding dan humidifier yang berfungsi sebagai pelembab. Sistem output tersebut dikendalikan melalui mikrokontroler Arduino Uno R3 dengan menggunakan metode fuzzy logic. Sehingga di pagi hari sistem rumah tanaman tersebut mampu mempertahankan suhu rata-rata sebesar 31,73°C dan kelembaban rata-rata sebesar 89,3%RH, dan pada siang hari mampu mempertahankan suhu rata-rata sebesar 32,96°C dan kelembaban rata-rata sebesar 72,78%RH.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:00
Last Modified: 28 Nov 2017 02:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item