PENYELESAIAN SENGKETA SANDO TANAH MENURUT HUKUM ADAT SERAWAI DI DESA JAMBAT AKAR KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS KABUPATEN SELUMA

SHENDY, FITRIANI and Emilia, Kontesa and Andry, Harijanto (2022) PENYELESAIAN SENGKETA SANDO TANAH MENURUT HUKUM ADAT SERAWAI DI DESA JAMBAT AKAR KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SEKRIPSI SHENDY FITRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menggambarkan dan menjelaskan pelaksanaan penggadaian tanah (sando) menurut hukum adat Serawai Desa Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. (2) Menggambarkan dan menjelaskan proses penyelesaian sengketa tanah (sando) menurut hukum Adat Serawai Desa Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan sando tanah di Desa Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma tidak sejalan dengan Undang-Undang Nomor 56 Prp Tahun 1960. Di Desa Jambat Akar dapat berlangsung 7 tahun atau bahkan melampuinya serta cara penebusan uang gadai masih berdasarkan adat atau kebiasaan masyarakat dimana pemilik tanah harus menebus kembali tanahnya sesuai dengan jumlah uang yang dipinjam walaupun dari hasil keuntungan yang diperoleh pemegang gadai selama beberapa tahun dari tanah tersebut jauh lebih besar dari utang pokok pemilik tanah.(2) Proses Penyelesaian Sengketa Sando TanahMenurut Hukum Adat Serawai Di Desa Jambat Akar Kabupaten Seluma, diselesaikan dalam musyawarah di tingkat keluarga, apabila sengketa sando tersebut tidak bisa diselesaikan dengan cara musyawarah maka, cara yang bisa ditempuh yaitu melalui lembaga Desa. Sengketa yang biasanya diselesaikan di balai desa, dengan mempertemukan kedua belah pihak, tetua adat beserta wakil, dan anggotanya sebagai penengah dan perwakilan lembaga desa yaitu kepala desa dan saksi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Aug 2023 09:06
Last Modified: 29 Aug 2023 09:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15069

Actions (login required)

View Item View Item