CIRI-CIRI KEBERHASILAN DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO ( Pada Usaha Buah-buahan Ibu Wartini di Jalan Wr. Supratman, UNIB Belakang, Kandang Limun Kota Bengkulu)

Santika, Ledia and Rizkan, Rizkan (2020) CIRI-CIRI KEBERHASILAN DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO ( Pada Usaha Buah-buahan Ibu Wartini di Jalan Wr. Supratman, UNIB Belakang, Kandang Limun Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI LEDIA BENAR A1J016002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai ciri-ciri keberhasilan dalam mengembangkan usaha mikro pada usaha buah-buahan Ibu Wartini di Jalan Wr. Supratman Unib Belakang, Kandang Limun Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah pemilik usaha buah-buahan, 1 orang karyawan, 2 orang pelanggan dan 1 orang suplayer buah. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data mengunakan teknik tringgulasi, yaitu trianggulasi subjek, trianggulasi teknik dan tringgulasi waktu. Pertama, aspek berorentasi pada prestasi yaitu menyediakan kulitas buah yang segar, terdapat berbagai varian menu dari olahan buah-buahan yang disediakan, dan harga yang terjangaku untuk semua kalangan. Kedua, aspek berani mengambil risiko yaitu adanya keberanian untuk menyetok buah yang banyak dan berani untuk menjualkan aneka menu dari olahan buah-buahan yang bebeda dari usaha buah-buahan pada umumnya. Ketiga, aspek bertanggung jawab yaitu pengelola bertanggung jawab terhadap karyawan, suplayer buah dan pelanggan baik dari pembayaran maupuan waktu karyawan masuk kerja. keempat, kerja keras yaitu dapat dilihat dari waktu masuk jam kerja yang lebih awal dari jam kerja. Kelima, yaitu aspek komitmen yaitu selalu berkomitmen mengenai waktu dan tenaga yang dikeluarkan saat bekerja maupun berkomitmen jika ada permasalahan langsung diselesaikan. Keenam, yaitu aspek memelihara dan mengembangkan hubungan baik yaitu pengelola dengan karyawan, pelanggan dan suplayer buah itu terdapat hubungan yang baik. Kata kunci : keberhasilan, mengembangkan, usaha mikro

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item