PENINGKATAN N-total TANAH MELALUI PEMBERIAN KONSENTRASI POC LIMBAH SAYURAN TERHADAP HASIL JAGUNG MANIS PADA ENTISOL PESISIR DI KOTA BENGKULU

Dicky, Parulian Sinaga and Zainal, Muktamar and Heru, Widiyono (2021) PENINGKATAN N-total TANAH MELALUI PEMBERIAN KONSENTRASI POC LIMBAH SAYURAN TERHADAP HASIL JAGUNG MANIS PADA ENTISOL PESISIR DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Dicky 0911.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Entisol merupakan tanah muda yang belum berkembang dan banyak di jumpai pada tanah dengan bahan induk beragam. Entisol pesisir biasanya bertekstur kasar, rendah nitrogen, kandungan bahan organik juga rendah, struktur lepas, porositas dan aerasi tinggi, permeabilitas cepat, dan kapasitas menahan air juga rendah. Pemberian bahan organik dalam bentuk POC merupakan salah satu alternatif untuk memperbaiki sifat Entisols. Pupuk organik cair belum banyak digunakan di Entisol pesisir. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kadar N-total tanah akibat aplikasi POC limbah rumah tangga pada berbagai konsentrasi dan menentukan konsentrasi POC limbah rumah tangga yang tepat pada tanaman jagung manis pada Entisol pesisir Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2020 sampai September 2020 di Kelurahan Kandang Limun dan Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Tanah yang digunakan sebagai media tanam pada penelitian ini adalah Entisol Pesisir. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) satu faktor yaitu pemberian konsentrasi POC dengan 7 perlakuan dan 3 kali ulangan, sehingga diperoleh 21 satuan percobaan. Masing-masing satuan percobaan terdiri dari 3 tanaman sehingga terdapat 63 tanaman. Taraf pemberian konsentrasi POC terdiri atas 6 taraf, yaitu 0 ml/L, 100 ml/L, 200 ml/L, 300 ml/L, 400 ml/L, 500 ml/L, dan 600 ml/L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi POC hingga 600 ml/L masih diikuti dengan meningkatnya kadar C-organik dan N-total tanah. Konsentrasi optimum POC untuk meningkatkan hasil jagung adalah 240,65 ml/L yang menghasilkan bobot tongkol tanpa kelobot seberat 215,12 g.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:12
Last Modified: 30 Aug 2023 01:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15073

Actions (login required)

View Item View Item