PEMANFAATAN BIOCHAR SEKAM PADI DAN MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS PADA ENTISOL PESISIR BENGKULU

Edi, Zakaria Sitorus and Abimanyu, Dipo Nusantara and Herry, Gusmara (2021) PEMANFAATAN BIOCHAR SEKAM PADI DAN MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS PADA ENTISOL PESISIR BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Budidaya tanaman jagung manis pada tanah entisol pesisir menghadapi berbagai kendala berupa tanah dengan tekstur pasir, tanpa struktur, porositas dan aerasi tinggi, permeabilitas cepat, kapasitas menahan air rendah; kadar lempung, bahan organik, dan unsur haranya juga rendah. Pemberian pupuk anorganik tidak akan berdampak positif terhadap tanaman, karena kation atau anion dari pupuk tidak akan diikat oleh partikel tanah sehingga mudah hilang dari dalam tanah. Pemberian biochar sekam padi dan mikoriza arbuscular diharapkan dapat memperbaiki sifat fisika, kimia, dan biologi tanah yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung manis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh pemberian biochar sekam padi dan mikoriza arbuskular terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis dan serapan unsur hara P oleh tanaman jagung manis yang tumbuh di Entisol pesisir Bengkulu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2020 bertempat di lahan pertanian yang terletak di RT.04 RW.02 Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu yang terletak pada koordinat S03°45.434’E102°15.687’. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah biochar sekam padi dengan tiga dosis, masing–masing setara dengan 0, 5 dan 10 ton ha-1 biochar sekam padi. Faktor kedua adalah fungi mikoriza arbuscular dengan tiga dosis, masing–masing 0, 5, dan 10 g propagul. Seluruh satuan percobaan diulang tiga kali sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Setiap satuan percobaan terdiri atas 2 tanaman contoh sehingga terdapat 54 polybag tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara biochar dan FMA terhadap pertumbuhan, serapan P, dan hasil jagung manis serta pH dan C–organik tanah pasca penelitian. Faktor tunggal aplikasi 10 ton ha-1 biochar dan inokulasi 10 g propagul tanaman-1 memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan, serapan P, dan hasil jagung manis serta pH dan C-organik tanah pasca penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:15
Last Modified: 30 Aug 2023 01:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

View Item View Item