Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Program Paket C (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Songgo Langit )

Lekat, Lekat and Rufran, Zulkarnain (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Program Paket C (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Songgo Langit ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Program Paket C. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang yaitu Ketua Lembaga, Kepala Sekolah, Tutor, dan Warga Belajar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang di peroleh dianalisis melalui empat tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan keputusan. Untuk memperoleh validitas hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik; Triangulasi Sumber, Triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, Pelaksanaan program pembelajaran online paket C di PKBM Songgo Langit dilakukan guna untuk membantu proses pembelajaran karena waktu pembelajaranya fleksibel. Kedua, Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran online contohnya bahan ajar cetak (Buku,Modul) dan juga menggunakan bahan ajar non cetak seperti bahan ajar audiovisual dan bahan ajar berbasis web. Ketiga, Metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembelajaran online seperti metode pembelajaran klasikal dan tutorial. Keempat, Media yang digunakan dalam pembelajaran online ini berupa media pembelajaran visual dan audiovisual. Kelima, Evaluasi hasil pembelajaran dalam pembelajaran online dilakukan guna untuk menilai hasil belajar online dan keaktifan warga belajar dalam proses pembelajaran online. Keenam, Bentuk layanan model pembelajaran online berupa aplikasi perangkat lunak yaitu aplikasi Modlle, Aplikasi modlle ini memiliki kelebihan berupa efiseansi waktu dan proses pembelajaran tidak menonton. Ketujuh, Penggunaan model pembelajaran online ini digunakan agar dapat membantu tutor dan menjadi acuan pembelajaran. Kedelapan, Teknis penerapan model pembelajaran online berupa diskusi tutor dan warga belajar diskusi dilakukan didalam aplikasi pembelaaran Modlle. Kesembilan, Hasil belajar sesudan dan sebelum menggunakan pembelajaran online prestasi warga belajar mengalami kenaikan sebelum melaksanakan pembelajaran online rata-rata 89,3 dan sesudah melaksanakan pembelajaran online mengalami kenaikan dan nilai rata-ratanya mencapai 98,3. Kesepuluh, Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran online faktor penghambat eksternal yaitu jaringan dan faktor pendukung eksternal fasilitas diaplikasi menawarkan banyak kemudahan belajar. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran Online, PKBM Songgo Langit

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15079

Actions (login required)

View Item View Item