ANALISIS FINANSIAL POLA TANAM AGROFORESTRI DI DESA BABATAN ILIR KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN PROVINSI BENGKULU

Venny, Anggraeni and Siswahyono, Siswahyono and Edi, Suharto (2021) ANALISIS FINANSIAL POLA TANAM AGROFORESTRI DI DESA BABATAN ILIR KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
venny anggraeni E1B017021 skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Agroforestri merupakan suatu sistem yang dapat mengombinasikan tanaman kehutanan, perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan dalam satu lahan yang sama dengan jangka waktu panen yang berbeda. Sistem agroforestri dapat membantu petani yang memiliki lahan yang minim dengan melakukan pengelolaan lahan berbasis agroforestri pemilik lahan tidak akan ketergantungan terhadap satu tanaman sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial terhadap pola tanam yang diterapkan oleh responden di Desa Babatan Ilir. Sehingga, informasi yang diperoleh dari penelitian ini dapat digunakan untuk pertimbangan dalam perencanaan dan pengelolaan lahan degan menerapkan pola tanam agroforestri. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Babatan Ilir pada bulan April-Juni 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, data diambil dari sumber utama melalui observasi dan wawancara berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dari observasi dan wawancara yang dilakukan terdapat 10 responden yang memenuhi kriteria. Adapun indikator analisis finansial yang digunakan yaitu Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PBP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan komponen penyusun di Desa Babatan Ilir menerapkan sistem agroforestri berbasis agrisilvikultur, agrosilvopastura, dan agrosilfishery. Dengan menerapkan dua pola tanam yaitu pola spasial dan pola temporal serta terdapat interaksi yang berbeda pada masing-masing komponen penyusun lahan. Pola tanam agroforestri yang diterapkan yaitu random mixture (tanaman yang ditanam secara acak) dengan dua pola tanam temporal yaitu coincident (tanaman yang ditanam dari awal hingga akhir pengarapan lahan) dan concomitant (tanaman yang ditanam di awal atau di akhir pengarapan lahan). Sistem agroforestri dengan pola tanam yang diterapkan di Desa Babatan Ilir layak untuk dikembangkan. Hal ini diperoleh dari hasil analisis finansial dengan menggunakan suku bunga sebesar 14% yang memperoleh keuntungan dengan nilai rata-rata dari Net Present Value (NPV) sebesar Rp 170.487.006, Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar 2,17, Internal Rate Return (IRR) sebesar 28,64%, dan Payback Periode (PP) selama 6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:07
Last Modified: 30 Aug 2023 02:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15089

Actions (login required)

View Item View Item