INVENTARISASI JENIS -JENIS BURUNG DI AREA HUTAN MADAPI TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Muhammad, Kangau Rizki Akbar and Wiryono, Wiryono and Saprinurdin, Saprinurdin (2021) INVENTARISASI JENIS -JENIS BURUNG DI AREA HUTAN MADAPI TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi M. Kangau Rizki Akbar final.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Hutan MADAPI merupakan salah satu zona pemanfaatan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang saatpotensinya masih belum tergali dengan baik, salah satu potensi keanekaragamn hayati yang belum terdata adalah burung. Burung memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi ini. Peran burung di suatu habitat adalah sebagai indikator kualitas lingkungan. Dengan kata lain semakin beragam jenis burung di suatu habitat tersebut, maka dapat dijadikan dasar bahwa kawasan tersebut memiliki kualitas ekologi yang masih baik. Atas dasar peran dan manfaat ini maka kehadiran burung dalam suatu ekosistem perlu dipertahankan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2021 di Area Hutan MADAPI Taman Nasional Kerinci Seblat Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Pengamatan dilakukan pada 2 jalur pengamatan yang panjangnya masing masing 1,5 km sehingga total jalur pengamatan adalah 3 km. Pada masing masing jalur dilakukan pengamatan setiap 300m serata bergantian pada waktu pagi dan sore hari dengan pengulangan selama 3 kali. Titik pengamatan dilakukan pada interval 50 meter . Pada setiap titik dilakukan pengamatan selama 5-10 menit pada semua arah, setelah semua informasi di peroleh pengamatan dilanjutkan ke titik pengamatan selanjutnya. Dengan demikian Pada setiap jarak 300 meter terdapat 6 titik pengamatan. Aktivitas burung yang sedang dilakukan pada saat pengamatan seperti sedang makan, bertengger, terbang, istirahat, kawin dan lain-lain. Semua data burung dicatat pada tabel pengamatan yang telah disiapkan. Pengamatan dilakukan dari titik awal sampai titik akhir, dalam satu hari dilakukan 2 (dua) kali pengamatan yaitu pada pagi atau sore hari. Secara berkelanjutan pada jalur pengamatan dalam satu hari di peroleh jarak pengamatan sepanjang 600 m. Pada pagi hari pengamatan dimulai pukul 05.00 s.d 09.00 WIB dan pada sore hari pukul 15.00 s.d 18.00 WIB. Hasil penelitian menunjukan bahwa di area hutan MADAPI terdapat 22 jenis yang termasuk kedalam 13 famili yaitu Pycnonopidiae, Artamidae, Muscipidae, Falconidae, Nectariniidae, Cisticolidae, Accipitridae, Laniidae, Colombidiae, Cuculidae, Timaliidae, Dicruridae dan Sylvidae.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:25
Last Modified: 30 Aug 2023 02:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15096

Actions (login required)

View Item View Item