Penerapan Kelompok Kooperatif Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penalaran Sains dan Penguasaan Konsep Mahasiswa

Sutarno, Sutarno and Desy, Hanisa Putri (2012) Penerapan Kelompok Kooperatif Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penalaran Sains dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. In: Prosiding Seminar Nasional Fisika 2012. Universitas Sriwijaya , Palembang, pp. 147-152. ISBN 978-979-19544-9-5

[img]
Preview
Text
a2-Prosiding Seminar Palembang 2012.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar matakuliah gelombang dan optik antara mahasiswa yang diajar menggunakan pembelajaran berciri kelompok belajar kooperatif berbantuan multimedia interaktif dan mahasiswa yang diajar menggunaan pembelajaran konvensional. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester lima Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Bengkulu Tahun Akademik 2011/2012 yang dipilih melalui teknik convenience sampling. Metode eksperimen kuasi yang digunakan berdesain nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan mealui pretes dan postes kemampuan penalaran sains dan penguasaan konsep mahasiswa. Soal tes penalaran sains diadobsi dari instrumen Lawson’s Classroom Test of Scientific Reasoning versi pilihan ganda beralasan. Soal penguasaan konsep dikembangkan berdasarkan indikator pembelajaran gelombang dan optik pada konsep gerak harmonis, difraksi, dan interferensi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain kemampuan penalaran sains 0,55 untuk kelas eksperimen dan 0,40 untuk kelas kontrol. Penguasaan konsep 0,71 untuk kelas eksperimen dan 0,53 untuk kelas control. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran sains dan penguasaan konsep mahasiswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan kelompok kooperatif berbantuan multimedia interaktif secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 17 Nov 2013 08:55
Last Modified: 17 Nov 2013 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item