PERSEPSI MASYARAKAT DESA BATU RAJA REJANG TERHADAP PENGEMBANGAN DAN POTENSI EKOWISATA AIR TERJUN LEMO NAKAI DI KAWASAN HUTAN LINDUNG BUKIT DAUN, KECAMATAN HULU PALIK, KABUPATEN BENGKULU UTARA

Valentina, Febriyanti Buru Raja Guguk and Nani, Nuriyatin and Gunggung, Senoaji (2021) PERSEPSI MASYARAKAT DESA BATU RAJA REJANG TERHADAP PENGEMBANGAN DAN POTENSI EKOWISATA AIR TERJUN LEMO NAKAI DI KAWASAN HUTAN LINDUNG BUKIT DAUN, KECAMATAN HULU PALIK, KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI VALENTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Hutan lindung merupakan kawasan hutan yang memiliki fungsi sebagai pemanfaatan pariwisata alam yang berhubungan dengan wisata alam, termasuk usaha pemanfaatan objek dan daya tarik serta usaha- usaha yang terkait dengan wisata alam terhadap potensinya. Hutan lindung Bukit Daun Bengkulu Utara memiliki potensi ekowisata berupa puspa langka dan wahana air. Pernyataan ini ada dalam Dokumen Analisi Potensi Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Bengkulu Utara oleh Dinas Pariwisata pada tahun 2019 bahwa hutan lindung Bukit Daun memiliki potensi air terjun salah satunya Air Terjun Lemo Nakai yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Batu Raja Rejang di Kecamatan Hulu Palik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi ekowisata Air Terjun Lemo Nakai di Desa Batu Raja Rejang, Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara dan bagaimana persepsi masyarakat Desa Batu Raja Rejang terhadap potensi dan pengembangan ekowisata Air Terjun Lemo Nakai dikawasan Hutan Lindung Bukit Daun. Penelitian ini berjalan dari bulan Oktober 2020 – Maret 2021 di kawasan wisata Air Terjun Lemo Nakai Desa Batu Raja Rejang, Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pengamatan objek atau observasi. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh hasil bahwa masyarakat Desa Batu Raja Rejang sangat setuju adanya pengembangan dari Air Terjun Lemo Nakai baik dari lingkungannya dan nilai ekonominya. Dari hasil yang diperoleh dari kuesioner dapat disimpulkan bahwa Air Terjun Lemo Nakai memiliki potensi yang dapat dikembangkan melalui sumber daya alamnya yaitu potensi wisata arum jeram, tajuk vegetasi yang masih rapat, potensi flora seperti rafflesia dan potensi fauna seperti jejak harimau yang ada disekitaran kawasan hutan lindung dan prsepsi masyarakat Desa Batu Raja Rejang terhadap pengembangan ekowisata Air Terjun Lemo Nakai diperoleh hasil keseluruhan skor sebanyak 6.600 dengan kategori sangat setuju dalam persentase 89% yang terdiri dari aspek lingkungan sebanyak 2.593 skor dengan kategori sangat setuju dengan persentase 86%, aspek ekonomi sebanyak 2.803 iii dengan kategori sangat setuju dengan persentase 93%, serta faktor pendukung memiliki skor 1.204 dengan kategori sangat setuju dan persentasenya adalah 86%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:59
Last Modified: 30 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15105

Actions (login required)

View Item View Item