RESPON PERTUMBUHAN SEMAI SENGON (Paraserianthes falcataria) TERHADAP KOMBINASI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN PEMBERIAN DOSIS NPK

Yoni, Pertiwi Ningsih and Deselina, Deselina and Edi, Suharto (2021) RESPON PERTUMBUHAN SEMAI SENGON (Paraserianthes falcataria) TERHADAP KOMBINASI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN PEMBERIAN DOSIS NPK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_ YONI PERTIWI NINGSIH_E1B017015_DESEMBER.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Sengon (Paraserianthes Falcataria) ialah salah satu jenis tanaman yang cepat tumbuh di Indonesia yang potensial untuk dikembangkan. Sengon memiliki kemampuan dalam memperbaiki kesuburan tanah. Untuk mengembangkan pembudidayaan semai sengon perlu ketersediaan semai yang berkualitas dalam jumlah yang mencukupi. Pertumbuhan semai sengon yang baik membutuhkan media yang sesuai dengan kebutuhannya. Dimana menggunakan media tanam seperti tanah gambut, tanah topsoil dan tanah bekas tambang batubara serata pemberian dosis NPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan semai sengon (Paraserianthes Falcataria) terhadap kombinasi komposisi media tanam dan pemberian dosis NPK. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari 2021 - April 2021 di Persemaian Kehutanan dan Laboratorium Kehutanan Universitas Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun berdasarkan media tanam dan dosis NPK. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis ANOVA dengan uji lanjut BNT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi komposisi media tanam dan pemberian dosis NPK berpengaruh nyata terhadap semai sengon, yaitu pada peubah jumlah cabang daun, peubah tinggi batang, peubah diameter batang dan peubah panjang akar utama berpengaruh nyata, sedangkan terhadap peubah nilai kekokohan semai tidak bepengaruh nyata. Respon pertumbuhan semai sengon terbaik dari kombinasi komposisi media tanam dan pemberian dosis NPK yaitu pada kombinasi (dosis NPK 1,0 dan tanah bekas tambang batubara 50% + tanah gambut 50%) tidak berbeda nyata dengan (dosis NPK 1,5 g dan tanah gambut 100%), dan (dosis NPK 1,5 g dan tanah bekas tambang batubara 50% + tanah gambut 50%).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:03
Last Modified: 30 Aug 2023 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15106

Actions (login required)

View Item View Item