APLIKASI PENCARIAN TITIK LOKASI FASILITAS KESEHATAN TERDEKAT MENGGUNAKAN METODE ASYNCHRONOUS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (APSO) BERBASIS WEBVIEW ANDROID ( Studi Kasus : Kota Bengkulu)

SARI, ELSI HELNA and Rusdi, Efendi and Kurnia, Anggriani (2017) APLIKASI PENCARIAN TITIK LOKASI FASILITAS KESEHATAN TERDEKAT MENGGUNAKAN METODE ASYNCHRONOUS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (APSO) BERBASIS WEBVIEW ANDROID ( Studi Kasus : Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ELSI HELNA SARI_G1A012052.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Fasilitas kesehatan merupakan tempat pelayanan yang berhubungan dengan kesehatan. Kota Bengkulu menyediakan fasilitas kesehatan guna memberikan pelayanan/sarana bagi masyarakat untuk mengecek kesehatan atau meningkatkan kesehatan. Lokasi fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bengkulu tidak berada dalam satu lokasi yang sama, sehingga membuat orang kesulitan dalam menemukan lokasi fasilitas kesehatan. Kondisi nyata yang sering terjadi ketika orang mendadak sakit, dan dia membutuhkan lokasi fasilitas kesehatan terdekat untuk penangan pertama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan algoritma Asynchronous Particle Swarm Optimization (APSO) pada pencarian titik lokasi fasilitas kesehatan terdekat; (2) merancang dan membangun aplikasi pencarian titik lokasi fasilitas kesehatan terdekat berbasis Web View Android; (3) mengetahui pengaruh ketetapan parameter APSO pada pencarian fasilitas kesehatan terdekat. Hasil yang diperoleh yaitu (1) berhasil mengimplementasikan algoritma APSO pada pencarian titik lokasi fasilitas kesehatan terdekat; (2) berhasil merancang dan membangun aplikasi pencarian titik lokasi fasilitas kesehatan terdekat berbasis Web View Android; (3) Dari uji coba parameter partikel, bahwa semakin kecil jumlah partikel maka waktu komputasinya akan semakin cepat. Sebaliknya, jika jumlah partikel besar maka waktu komputasinya akan lebih lama. (4) Dari uji coba parameter

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 28 Nov 2017 08:37
Last Modified: 28 Nov 2017 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

View Item View Item