RANCANG BANGUN APLIKASI EDUGAME SLIDER PUZZLE KEANEKARAGAMAN BUDAYA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM)

YANI, ELYS CANDRA and Boko, Susilo and Funny, Farady Coastera (2017) RANCANG BANGUN APLIKASI EDUGAME SLIDER PUZZLE KEANEKARAGAMAN BUDAYA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
G1A012043.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Game puzzle merupakan game edukasi yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan kognitif dan motorik anak, melatih kesabaran, mengembangkan koordinasi mata, dan membantu meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah, serta sebagai media dalam mengenalkan objek melalui gambar, misalnya gambar tentang keanekaragaman budaya Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi game edukasi pada platform android yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan pengenalan budaya Bengkulu bagi anak. Aplikasi ini memiliki tiga tingkat kesulitan, yaitu level mudah, level sedang, dan level sulit yang masing-masing level memiliki tujuh gambar puzzle yang berbeda. Tingkat Kesulitan dibedakan berdasarkan jumlah potongan puzzle yaitu 9 potongan puzzle pada level mudah, 16 potongan puzzle pada level sedang, dan 25 potongan puzzle pada level sulit. Gambar puzzle yang akan disusun diacak dengan menggunakan Linear Congruent Method dengan nilai konstanta a, c, dan m yang telah ditentukan sesuai dengan banyaknya potongan puzzle . Uji prestasi kemampuan pengguna menunjukkan bahwa (a) nilai rata-rata pre-tes(

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 28 Nov 2017 08:43
Last Modified: 28 Nov 2017 08:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item View Item